Masyarakat Tebing Karimun Bentuk Kampung Siaga Bencana

Karimun, beritakarimun.com – Sebanyak 60 orang masyarakat Kecamatan Tebing megikuti pelatihan dan pembentukkan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Kampung Baru Tebing, Kecamatan Tebing, Jumat (7/4).

Koordinator FK TAGANA kabupaten Karimun, Dedi Risdianto mengatakan, Melihat Daerah Kecamatan Tebing rawan dengan bencana alam, maka perlu dibentuknya Kampung Siaga Bencana melalui Dinas Sosial Provinsi Kepri.

“Program ini adalah dari Kementerian Sosial dengan nama Kampung Siaga Bencana, yang saat ini dibentuk di Kecamatan Tebing. Karena melihat di daerah tersebut rawan bencana seperti banjir itu cukup parah. Maka dari itu melalui Dinas Sosial Povinsi Kepri untuk membentuk KSB tersebut,” Ujar Dedi.

Dedi menjelaskan, pembentukan  KSB yang laksanakan selama tiga hari ini dari tanggal 6 hingga 8 april tersebut yang berjumlah sebanyak 60 orang itu nantinya akan diberi SK.

“Hari pertama peserta berjumlah 150 orang yang terdiri dari masyarakat, instansi vertical dan yang lain lain. Hari kedua ini berjumlah 60 orang dari masyarakat yang terpilih dari 150 orang sebelumnya. 60 orang yang nantinya akan di SK kan,” ujarnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Asral, dari Sektorat Perlindungan Sosial korban bencana alam RI dan juga sebagai pemberi materi pada pelatihan KSB tersebut mengatakan, Kementrian Sosial mempunyai program unggulan dibidang penanggulangan bencana yaitu Kampung Siaga Bencena (KSB). KSB tersebut bertujuan untuk melatih masyarakat di daerah rawan dengan bencana.

“Program ini sudah dimulai oleh Kementerian Sosial sejak tahun 2011 lalu. Jadi masyarakat itu jika terjadi suatu bencana masyarakat setempat dan sekitarnya itu sudah siap siaga terlebih dahulu,” Ungkapnya.

Reporter : Riandi
Editor     : Codet Carladiva