Tahun Ini, Presiden Jokowi Akan Resmikan Pulau Asam Karimun

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada tahun 2017 ini direncanakan akan meresmikan langsung Pulau Asam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), hal ini disampaikan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kepri Syamsul Bahrum di Tanjungbalai Karimun beberapa waktu lalu.

“Saat ini kita sedang melakukan persiapan, Gubernur Kepri Nurdin Basirun sedang menyusun persyaratannya, analisis makro ekonomi merupakan salah satu persyaratan diantara tiga persyaratan yang sedang disusun. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka Presiden RI, Joko Widodo akan meresmikan Pulau Asam menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang rencananya dilakukan pada tahun ini juga (tahun 2017).” ungkap Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kepri Syamsul Bahrum beberapa waktu lalu.

Menurut Samsul, Pemerintah Provinsi Kepri bersama Pemerintah Kabupaten Karimun tidak hanya akan menjadikan Pulau Asam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Namun, nantinya pulau Asam juga akan dijadikan sebagai kawasan kota baru di Kabupaten Karimun.

“Karimun sudah investasi tiga perusahaan besar yang bergerak di bidang Oil Storage Terminal, Shipyard, Logistic Base, pariwisata dan trading di Pulau Asam, Selain sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Pulau Asam juga akan dijadikan sebagai kawasan kota baru di Karimun,” Syamsul Bahrum.

Dengan dijadikannya Pulau Asam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyambut baik hal tersebut, karena nantinya bisa membuka iklim investasi yang makin baik di Kabupaten Karimun.

“Ini merupakan hal baik yang tentunya akan kita sambut baik, pastinya ke depan iklim investasi bisa terbuka,  Kawasan Ekonomi Khusus adalah suatu kawasan yang memiliki suatu keterbatasan wilayah yang diberikan keunggulan secara geografis, geo ekonomis yang diberikan izin untuk melaksanakan kegiatan ekspor-impor, penyimpan logistik, peningkatan SDM, energi dan kegiatan lainnya, maka dari itu, kita termasuk salah satu yang beruntung memiliki kawasan yang terpilih menjadi Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia.” ujar Rafiq.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva