Terminal Ferry Internasional dan Domestik Segera Pindah Ke Tebing

Karimun, beritakarimun.com – Penandatanganan nota kesepahaman pembangunan terminal Ferry internasional dan domestik Tanjung Balai Karimun di kelurahan Tebing, Kecamatan Tebing, kabupaten Karimun, sudah ditandatangani oleh Pemkab Karimun, PT Pelindo I Medan dan Swasta Panbil Group Batam melalui anak perusahaannya PT Jaya Annurya Karimun (JAK), di Rumah Dinas Bupati Karimun, Kamis (29/3/).

Dalam sambutannya  Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, Setelah dibangunnya terminal Ferry internasional dan domestik, ia meminta nantinya fasilitas-fasilitas umum di lokasi tersebut juga harus terbangun.

“Karimun memiliki icon yaitu Coastal Area. Diharapkan dengan dibangunnya terminal Ferry internasional dan domestik tersebut dapat berjualan seperti kuliner masakan khas karimun seperti Lendot, lakse dan lain sebagainya,” ujarnya.

Owner Panbil Group Batam, Jhon Kennedy mengatakan, Rencana pembangunan terminal ferry internasional dan domestik Tanjung balai Karimun tidak lama lagi akan segera dibangun dengan melakukan reklamasi terlebih dahulu.

“Secepatnya kita akan lakukan pekerja secara paralel terlebih dahulu, yakni membangun terminalnya dan melakukan reklamasi. Untuk kendala, mungkin kedalaman lautnya, sehingga kita akan majukan lebih kedepan lagi, jadi kita akan reklamasikan lagi 100 meter kedepan. Izinnya sedang kami ajukan mudah-mudahan satu atau dua bulan ini sudah clear untuk penimbunannya,” ungkap Jhon Kennedy.

Jhon menambahkan, untuk pembangunan awal, akan membangun terminalnya terlebih dahulu. Untuk investasi didalamnya, Jhon menyebutkan akan dibangunnya shopping mall, hotel dan beberapa ruko nantinya.

“Kita akan bangun terminalnya, kemudian ada shopping mall, hotel dan ada beberapa ruko juga. Kita harapkan, ini menjadi sentra bisnis baru yang bertujuan ingin menjadikan wajah kota baru untuk Karimun. Saat ini Luas sekitar 15 hektar, tapi untuk keseluruhannya nanti sekitar 90 hektaran,” ungkapnya.

Dalam Penandatangan tersebut juga disaksikan oleh Asisten Sekdaprov Kepri Syamsul Bahrum, Wakil Ketua I DPRD Karimun Azmi dan disaksikan FKPD Karimun dan puluhan tamu undangan

Reporter : Riandi
Editor     : Codet Carladiva