Sungai Pasir Raih Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Meral

Karimun, beritakarimun.com – Kelurahan Sungai Pasir berhasil meraih piala bergilir sebagai juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Meral tahun 2017 yang digelar di halaman Mesjid Agung Jalan Poros pada malam penutupan, Selasa (07/03) yang dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun.

Berbagai macam perlombaan yang diikuti 96 peserta qori dan qoriah dalam MTQ sekecamatan Meral akhirnya dapat terselesailan tepat waktu, terhitung sejak tanggal 3 maret hingga 6 maret 2017, dewan hakim yang ditugaskan untuk menilai berbagai macam kategori perlombaan yang diikuti oleh enam kelurahan itu, menentukan hasil yang baik.

” Untuk MTQ kali ini, Kelurahan Sungai Pasir luar biasa, berbagai perlombaan berhasil mereka menangkan, Untuk juara umum, diraih oleh Kelurahan Sungai Pasir, peringkat ke 2 Kelurahan Meral Kota dan yang ke 3 Kelurahan Baran Barat. Untuk lomba pawai Ta’aruf juga dimenangkan oleh masyarakat Kelurahan Sungai Pasir yang berhasil merangkul ribuan masyarakat dalam memeriahkan pawai, juara ke 2 dimenangkan oleh Kelurahan Meral Kota, dan Kelurahan Parit Benut sebagai juara ke 3. Begitu juga Stand Bazar, juga diraih oleh Kelurahan Sungai Pasir sebagai juara pertama, Kelurahan Sungai Raya juara ke 2, dan Kelurahan Baran timur sebagai juara ke 3.” ungkap Camat Meral, Irwan Dinovri.

Sedangkan untuk cabang Tartil tingkat anak-anak golongan putra, Irwan menyebutkan juara Ke 1 Muhammad Adnan Nur Arif dari  Kelurahan Baran  Barat,  juara ke 2 Chairani dari Kelurahan Parit Benut, dan juara ke 3 Jefrizal dari Kelurahan Sungai Pasir. Untuk golongan putri, juara ke 1 diraih oleh Hairin Hafidzhoh Syam dari  Kelurahan Sungai Raya, juara ke 2 Rara Ratu Juwita dari Kelurahan Meral Kota, dan juara ke 3 Siti Nur Soleha dari Kelurahan Parit Benut.

“Pada Cabang Tilawah tingkat dewasa golongan putra, juara ke 1 diraih Amirullah Syahputra yang juga dari Kelurahan Sungai Pasir, juara ke 2 Ahmadi dari Kelurahan Meral Kota, juara ke 3 Rizki Shaleh dari Kelurahan Baran Timur. Untuk golongan putri juara ke 1 Marhamah juga dari Kelurahan Sungai Pasir, juara Zumiatun dari Meral Kota, juara Nur Azima dari Baran Timur.Cabang Tilawah anak-anak golongan putra, juara ke 1 Muhammad Hafiz Budi Kurniawan dari Kelurahan Baran Barat, juara ke 2 Muhammad Amri dari Kelurahan Meral Kota, juara ke 3 Eki Malvino Sakirin dari Kelurahan Parit Benut. Sedangkan untuk golongan putri juara ke 1 Dewi Satria Andini dari Kelurahan Meral Kota, juara ke 2 Salsabila Anjani dari Kelurahan Baran Barat, dan juara ke 3 Siti Hajar dari Kelurahan Baran Timur.” jelas Irwan.

Untuk Cabang Tilawah tingkat remaja golongan putra, juara 1 kembali diraih oleh Kelurahan Sungai Pasir Roi Rizal Fikri, juara ke 2 Ahmadu Putra dari Kelurahan Baran Timur, juara ke 3 Jefri Faridho dari Kelurahan Meral Kota. Sementara untuk Golongan remaja putri juga dimenangkan oleh Kelurahan Sungai Pasir Ervina Putri,  juara ke 2 Rahimi Sa’adiah dari Kelurahan Baran Timur, juara ke 3 Dian Agustia dari Kelurahan Sungai Raya.

“Pada Cabang Tahfiz golongan putra juara 1 Aziz Bidiansyah dari Kelurahan Meral kota, juara ke 2 Zulfindra dari Kelurahan Parit Benut, juara ke 3 Sahrol dari Kelurahan Sungai Raya. Golongan putri juara 1 lagi lagi dari Sungai Pasir atas nama Fauziah Nurul Amanah, juara ke 2 Wahyu Eka Putri dari Kelurahan Baran Timur, dan juara ke 3 Nanda Hafidzatun Aulia dari Kelurahan Sungai Raya. Cabang Syarhil Quran, juara 1 Azizul Makris  dari Kelurahan Baran Barat, juara ke 2 Siti Nur Fazila  dari Kelurahan Parit Benut, juara 3 Nur Asila dari Kelurahan Baran Timur. dan yang terakhir Cabang Fahmil Quran juara 1 Regu B dari Kelurahan Parit Benut, Regu A dari Kelurahan Baran Timur, Regu C dari Kelurahan Sei Pasir.” tutur Irwan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq, dalam sambutannya mengaku kagum dengan acara MTQ di Kecamatan Meral yang dapat merubah Mesjid Agung menjadi indah dengan Astaka yang megah. Ini merupakan catatan baginya untuk berencana menambahkan lampu-lampu indah pada malam hari di Mesjid Agung agar dapat menarik wisatawan religius ke Karimun, serta persembahan pertunjukan tari_tarian yang luar biasa sehingga membuatnya tertarik untuk memakai tarian tersebut pada MTQ tingkat Kabupaten nantinya.

“Saya melihat malam ini Mesjid Agung sangat indah, lampu-lampu yang luar biasa dan astaka yang bagus membuat Mesjid Agung terlihat megah, Kami berpikir jika ditata dengan baik. Mesjid Agung akan menjadi tempat tujuan sebagai wisata religius. Penataan lampu akan coba kami perbaiki. Persembahan tari-tarian dari sanggar Pelangi Budaya sungguh menarik, kita juga akan minta untuk tampil di tingkat Kabupaten nantinya, ini menjadi PR kami untuk membuat acara MTQ Kabupaten agar bisa lebih dari acara malam ini,” ungkap Rafiq.

Sementara untuk para pemenang perlombaan MTQ, kata Rafiq nantinya akan dibawa ke tingkat Kabupaten untuk kembali dipertandingkan dari seluruh pemenang ditingkat Kecamatan.

Reporter       : Nichita Bella
Editor            : Codet Carladiva