Memperkecil Kejahatan, Polisi Karimun Lakukan Patroli Gang Sempit

Karimun, beritakarimun.com – Maraknya pelanggaran dan tindak kejahatan yang terjadi di Kecamatan Karimun. Membuat Kapolsek Balai Kota Karimun, menciptakan program Patroli Gang Sempit (PGS). Patroli dialogis yang mampu mencapai gang-gang sempit di wilayah Kecamatan Karimun.

Kecamatan Karimun dengan luas daratan 53,2 Km, enam Kelurahan, tiga desa dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 57.201 jiwa ini, membuat Kapolsek Balai Kota Karimun menciptakan suatu program Patroli Gang Sempit (PGS). Program tersebut bertujuan mengantisipasi terjadinnya pelanggaran tindak pidana yang terjadi di Kecamatan Karimun.

Kapolsek Balai Kota Karimun AKP Lulik Febiyantara mengatakan, bagaimana terobosan kreatif dalam Efektifitas pelaksanaan patroli. Para pelaku kejahatan pada dasarnya tidak takut dengan seberapa besar ancaman hukuman yang akan diterimanya. Contoh lain Hukuman mati bagi para pengedar narkoba di Indonesia, sampai sekarang juga masih kita saksikan bersama bagaimana rekan-rekan dari BNN selalu melakukan penangkapan kepada para pengedar barang haram tersebut.

“Ada sebuah teori dari pakar kriminologi bahwasanya para pelaku kejahatan tidak takut dengan seberapa besar ancaman hukuman yg akan diterimanya, namun para pelaku kejahatan lebih takut kepada seberapa besar prosentase tertangkapnya dia pada saat melakukan kejahatan. Untuk itu saya sebagai Kapolsek Balai Karimun ingin menciptakan prosentase yang besar untuk tertangkapnya para pelaku kejahatan khususnya di Kecamatan Karimun ini,” ujar Lulik, Selasa (28/2).

Lulik juga mengatakan, melihat latar belakang situasi kondisi kecamatan karimun terkait Geografi dan Demografi sehingga  perlu patroli dialogis yang mampu masuk ke gang-gang sempit dengan program Patroli Gang Sempit (PGS) yang dilaksanakan menggunakan Kendaraan Roda Dua. Saat ini Polsek Balai mempunyai 6 unit R2 dalam kondisi baik bantuan dari Direktorat Binmas Polda Kepri.

“Semoga Efektifitas Patroli Gang Sempit mampu memperbesar prosentase tertangkapnya para pelaku kejahatan khususnya di kecamatan karimun, sehingga para pelaku kejahatan mengurungkan niatnya untuk melakukan kejahatan,” tutupnya.

 

Reporter       : Riandi
Editor            : Codet Carladiva