Inilah Suasana Banjir di Kawasan Poros Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Hujan yang turun kurun waktu dua jam mampu membuat Jalan Poros menuju kantor Bupati karimun tergenang air alias banjir hingga betis orang dewasa.

Jalan yang baru saja dikerjakan oleh PT Karimun Agung Perkasa akhir tahun 2016 lalu dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 sebesar Rp38,998 miliar ternyata bukan solusi untuk hadapi banjir.

Banjir kali ini bukan hanya dilokasi tersebut namun juga tampak dikawasan depan RSUD Muhammad Sani hingga SPBU Jalan Poros.

Sejumlah pengguna jalan yang menggunakan sepeda motor dan mobil, terpaksa melintasi jalan yang tergenang air , bahkan ada angkot yang mogok karena nekat melintasi genangan air yang merusak mesin angkot pada waktu itu. Namun menurut pantauan beritakarimun.com hanya sebelah kiri jalan menghadap ke lampu merah simpang RSUD yang tergenang air, herannya yang bagian sebelah kanan jalan tidak tergenang.

“Angkot saya mogok, mungkin mesinnya kena banjir, ternyata banjirnya lumayan tinggi, saya kira rendah, makanya saya lewati. Jalannya ternyata tidak sama rata, jalan yang sebelah kiri banjir, tapi yang sebelah kanan tidak, padahal jalannya baru saja diperbaiki, tapi kok masih banjir ya? Ini hujannya yang terlalu lebat atau gimana ya? Mungkin kurang tinggi buat jalannya.” ungkap Wawan salah seorang supir Angkutan umum.

Upaya pemerintah yang sebelumnya berusaha merubah sistem penataan drainase di kiri dan kanan bahu jalan yang sebelumnya hanya menggunakan gorong-gorong, kemudian dibangun box culvert yang diperkirakan memiliki kekuatan untuk menahan drainase agar tidak terjadi banjir ternyata belum berhasil.

Reporter       : Nichita Bella
Editor            : Codet Carladiva