Dandim Ingatkan Warga Karimun Untuk Waspadai Berita Bohong

Karimun, beritakarimun.com – Dandim 0317 Tanjung Balai Karimun, Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa menegaskan kepada masyarakat untuk mewaspadai paham radikalisme yang mampu memecah belah keutuhan NKRI.

Menurut Ketut, masyarakat harus mewaspadai berita-berita hoax atau berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, yang sifatnya bukanlah fakta melainkan hanya opini dan mampu menyesatkan masyarakat. Penegasan itu disampaikannya dalam penyampaian materi pada kegiatan seminar kebangsaan tentang peran LSM, Ormas OKP dan mahgasiswa dalam menangkal paham radikalisme dan intoleransi, Selasa (28/2).

“Untuk itu kita perlu bergandengan tangan bersama-sama menjaga bangsa ini dari pihak yang tidak bertanggungjawab dan ingin menghancurkan NKRI. Soal berita hoax sekarang sudah ada undang-undangnya, maka siapapun yang membuat berita hoax dan yang ikut share beritanya juga akan diberikan hukuman. Untuk itu mari selektif lagi dalam mengkonsumsi berita yang akan berdampak buruk bagi diri sendiri maupun kita semua,” Ujar Ketut di Gerung Serbaguna Kantor Bupati.

Sementara Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, keutuhan NKRI bukan hanya tanggungjawab dari pemerintah dan TNI Polri, melainkan kita semua memiliki tanggungjawab yang sama dalam menjaga dari segala ancaman, termasuk paham radikalisme dan intolerasni.

“Seluruh elemen bangsa wajib menjaga negara ini dari tangan tak bertanggungjawab. Kalau ada yang mengatasnamakan agama untuk menyebarkan paham radikalisme dan intoleransi, maka saya tegaskan agama tidak mengajarkan hal itu,” Ungkap Rafiq.

Ia meminta kepada masyarakat agar bersama-sama melaporkan kepada aparat sekiranya menemukan hal-hal yang mencurigakan yang dapat berpotensi mengganggu stabilitas keamanan negara.

Reporter       : Nichita Bella**
Editor            : Codet Carladiva