Batik Khas Karimun Segera Hadir di Pasaran

Karimun, beritakarimun.com – Seperti daerah-daerah lain yang sudah mempunyai motif batik khas daerah, Kabupaten Karimun pun tak lama lagi akan menetapkan motif batik khas Karimun.

Motif batik saat ini masih dalam perencanaan terlebih dahulu untuk menetapkan motif batik khas Karimun yang dipakai.

Dalam hal ini, Kabag Humas Kabupaten Karimun, Eko Riswanto,  mengatakan belum lama ini ada pembahasan perencanaan motif batik untuk Kabupaten Karimun.

“Memang ada pembahasan perencanaan batik khas di Kabupaten Karimun dan itu masih dalam pembahasan perencanaan, motif apa yang akan dipakai nantinya kita belum final, ada beberapa item yang sedang dibahas bersama anggota DPRD Karimun dan dinas terkait,” Ujar Eko.

Eko juga menambahkan kehadiran khas batik Karimun diharapkan dapat membantu mengembangkan dunia wisata Karimun dan dunia ekonomi.

“Kehadiran batik khas melayu Kabupaten Karimun dapat dijadikan merchandise atau buang tangan asal Kota Bumi Berazam ini, dapat membantu mengembangkan dunia wisata karimun.” Ujar Eko

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten karimun, Rosmeri yang juga hadir dalam perencanaan batik khas Karimun mengatakan Kabupaten Karimun memiliki banyak potensi untuk dijadikan motif batik daerah, seperti jong, gasing, layang-layang, mayang kelapa, ikan lome serta tugu MTQ Kabupaten Karimun.

“Karimun memiliki banyak potensi untuk batik daerah seperti motif jong , gasing, layang-layang, mayang kelapa, ikan lome dan ada tambahan masukan yaitu motif tugu kemerdekaan dan tugu MTQ yg ada di kab karimun, semuanya masih dalam tahap disarankan,kita masih mencari motif yang pas untuk Karimun.

Rosmeri juga berharap akhir dari pencarian atau penentuan batik khas Karimun tidak hanya dilakukan sebatas seremonial saja namun dapat dilakukan dengan cara launching atau dapat dilakukan pemilihan Duta batik agar dieknal luas masyarakat karimun.

“Disarankan setelah kita tetapkan motif yang pas untuk karimun, Sebaik kita adakan launching atau semacam pemilihan Duta batik karimun untuk di kenal masyarakat. sehingga ini tidak hanya sebatas seminar seremonial saja,” Harap Rosmeri yang berasal dari Fraksi Golkar.

Rancangan penetapan batik khas Karimun disambut baik beberapa kalangan masyarakat, Hal tersebut diungkap masyarakat karimun diberbagai sosial media (Facebook,Twitter, Path, Instagram,Linked).

Reporter       : Codet carladiva