13 Instansi Vertikal di Karimun Dapat Sertifikat Gratis

Karimun, beritakarimun.com – Seluruh instansi vertical di Kabupaten Karimun dipastikan bakal mendapatkan jatah pembuatan sertifikat gratis terhadap aset yang dimiliki, dengan program yang diberi nama Sertifikasi Barang Milik Negara (BMN) dan diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata ruang.

Pelaksana Tugas (PLT) Badan Pertanahan Nasional, Susilawati mengatakan, program yang dilaksanakan oleh Kementerian Agraria dan Tata ruang itu sejatinya bermitra dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) selaku pihak yang menerbitkan sertifikat BMN.

“Untuk tahun 2017 ini rencananya ada 13 jatah sertifikat gratis bagi beberapa instansi vertical, seperti Polres, Kementerian Agama dan jalan yang juga dapat jatah sertifikat,” Ujar Susilawati, Selasa (21/2).

Progam Sertifikasi BMN sudah berjalan sejak tahun 2014 silam dan telah puluhan sertifikat yang dikeluarkan. Sehingga sampai saat ini sudah delapan instansi yang berada dibawah kementerian di pemerintah pusat. Seperti instansi dibawah Kementerian Perhubungan, Kejaksaan, Kantor Kesehatan Pelabuhan yang induknya di Kementerian Kesehatan, Kantor Pajak Pratama yang induknya di Kementerian Keuangan, Polres, Pelaksanaan Jalan Nasional satker induknya adalah Kementerian Perumahan Rakyat, sehingga jalan-jalan nasional pun disertifikatkan juga. Terakhir adalah Kementerian Agama.

“Yang menjembatani pelaksanaan sertifikat BMN adalah dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Sehingga dari 13 jatah yang didapat untuk Kabupaten Karimun nantinya akan dievaluasi dan direvisi lagi pada awal Maret mendatang, apakah jatah yang diberikan itu tetap segitu atau ada perubahan.

Data penerima sertifikat gratis BMN menurut Susilawati, telah diserahkan kepada DJKN sekitar sepekan lalu di Pekanbaru yang nantinya akan diteruskan ke pemerintah pusat. Setelahnya diserahkan kepada UPTD DJKN, kemudian diserahkan ke BPN untuk diproses pembuatan sertifikatnya.

Reporter       : Nichita Bella**
Editor           : Codet Carladiva