Inilah Langkah Dinkes Hadapi Kasus Demam Berdarah Dengue di Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Demi untuk mengurangi angka Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Karimun, Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun akan melibatkan seluruh siswa siswi di Kabupaten Karimun dalam aksi pencegahan DBD di 2017 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi, saat ditemui beritakarimun.com mengatakan pihaknya tentunya prihatin dengan tingginya angka DBD yang dicapai pada tahun 2016 lalu.

“Angka DBD di Kabupaten Karimun sejak tahun 2014 hingga 2016 yang terus meningkat tentunya membuat kita akan terus berusaha untuk menekan angka tersebut, yang mana ditahun 2014 kita dapati sebanyak 390 orang korban DBD dan 8 orang meninggal dunia, untuk tahun 2015 berjumlah 368 orang dengan 7 orang meninggal dunia. Sedangkan untuk tahun 2016 naik drastis hingga 424 orang yang menjadi korban DBD dengan 6 orang yang tidak dapat diselamatkan.” Ujar Rahmadi, sabtu pagi (11/2).

Menurut Rahmadi, pihaknya akan terus berusaha hingga jangan sampai terdapat lagi korban DBD di Kabupaten Karimun, Untuk itu pada tahun ini pihaknya mensiasati dengan cara melibatkan seluruh siswa di Kabupaten Karimun melalui kerjasama dengan Dinas Pendidikan serta seluruh sekolah di Kabupaten Karimun.

“Untuk tahun ini, kita merubah strategi yang awalnya kita melibatkan tim khusus dari masyarakat yg kita tunjuk melalui RT dan RW setempat, namun untuk tahun ini kita mencoba melibatkan seluruh siswa siswi di Kabupaten Karimun melalui sosialisasi tentang penerapan pencegahan 3M yang diberikan kepada guru terlebih dahulu dan dilanjutkan oleh guru kepada murid-muridnya.” ujar Rahmadi.

Rahmadi berharap, dengan cara tersebut dapat membuahkan hasil yang baik, karena menurutnya rata-rata setiap keluarga memiliki anak yang bersekolah, sehingga anak tersebut bisa mengetahui dan merubah kebiasaan buruknya di lingkungan rumah dan sekitarnya.

“Harapan kita sangat besar tentunya, untuk awal tahun bulan Januari 2017, korban DBD mencapai 10 orang, dengan jumlah yang tentunya berbeda dengan tahun lalu yang pada bulan Januari mencapai 104 orang, semoga tahun ini benar-benar bisa kita tekankan angka tersebut, apalagi dengan program Bupati yang mengajak seluruh instansi serta masyarakat terjun langsung untuk membuat Karimun Bersih, tentunya jika Karimun bersih, ini sangat membantu membuat Karimun menjadi sehat.” tutup Rahmadi.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet carladiva