Ada 3300 Tenaga Kerja Asing di Kabupaten Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Jumlah Tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Karimun sepanjang 2016 sagat fantastik luar biasa. Jumlah pekerja asing mencapai 3.300 orang yang bekerja di laut maupun di darat, TKA terbanyak diantara mereka bekerja di PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB).

Kepala Seksi Informasi Sarana Komunikasi Keimigrasian (Insarkomkim) Kantor Imigrasi Klas II Tanjungbalai Karimun Ryawantri Nurfatimah, Rabu (8/2) mengatakan, dari 3.300 orang yang bekerja di Karimun, 1.435 orang bekerja di laut dan 1.865 orang bekerja di darat.

“TKA yang bekerja di laut menggunakan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) darat berjumlah 1.435 . Sementara, untuk 1.865 orang menggunakan KITAS laut atau dulu disebut Kartu Dahsuskim. Di mana pun tenaga kerja asing itu mau bekerja musti tergantung rekomendasi dari instansi yang berwenang, Imigrasi hanya mengeluarkan izin tinggal saja,” ungkap Ryawantri.

Menurut Rya, jumlah TKA paling banyak berada di PT Saipem dengan total seluruhnya 982 TKA. Diantaranya paling banyak berasal dari negara Filipina sebanyak 503 orang, sedangkanThailand 165 orang, India 125 orang,  dan Italia 96 orang.

“Seluruh TKA yang berada di Karimun itu bekerja di 58 perusahaan, baik itu di darat maupun di laut. Untuk TKA yang bekerja di laut didominasi dari Thailand, namun jumlahnya hanya 207 orang, sisanya berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Bangladesh, Myanmar dan China. Hampir semuanya bekerja diatas Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT Tambang Timah.” Ungkapnya.

Sementara untuk pengawasan TKA di laut pihak imigrasi melakukan secara rutinitas dengan melaksanakan patroli laut menggunakan kapal. Sedangkan , untuk TKA yang ada di darat dengan mengecek ke perusahaan yang ada di Karimun.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva