Bupati Karimun Yakinkan Pelajar Karimun Soal Universitas Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun bantu Universitas Karimun dan Yayasan Tujuh Juli untuk memberi motivasi dan mengajak siswa siswi SMK di Karimun agar tidak salah menilai Universitas Karimun yang saat ini sedang berupaya menjadi Universitas Negeri. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Karimun, Rabu pagi (8/2) langsung dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Dihadapan ratusan pelajar, Aunur Rafiq menjelaskan sejarah singkat tentang terbentuknya Universitas Karimun sejak tahun 2007 lalu.

“Untuk bersama kita ketahui, Universitas Karimun bukan merupakan milik pemerintah daerah, tapi milik swasta yang dibawah wewenang Yayasan Tujuh Juli, namun saat itu yang menggagas adalah Gubernur Kepri Bapak Nurdin Basirun yang pada masa itu menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Karimun.” terang Rafiq.

Menurut Rafiq, berdirinya Universitas Karimun guna untuk membantu anak-anak Karimun agar mempermudah melanjutkan perguruan tinggi dikampungnya, sehingga anak Karimun tidak jauh-jauh ke luar daerah mencari Universitas.

“Walaupun milik swasta, tapi Universitas Karimun merupakan milik masyarakat Kabupaten Karimun, yang bertujuan untuk membantu memberi kemudahan kepada anak-anak kita, yang mungkin belum memiliki kemampuan untuk kuliah, meningkatkan SDM nya diperguruan- perguruan tinggi seindonesia, membantu anak-anak tempatan untuk menimba pendidikan yang layak dan sederajat sehingga bisa disandingkan dengan mahasiswa yang kuliah di luar daerah.” ujar Rafiq.

Rafiq juga menjelaskan, pihaknya bersama pihak Yayasan Tujuh Juli dan Rektor Universitas Karimun sudah berupaya membentuk tim percepatan agar Universitas Karimun bisa menjadi Universitas Negeri.

“Dalam perjalanan Universitas Karimun yang sudah memiliki 5 angkatan yang di wisuda dengan jumlah lebih dari 1000 orang, kini Universitas Karimun memiliki 50 orang dosen yang sudah teragretasi serta 14 program study, akan diupayakan secepat mungkin untuk menjadi Universitas Negeri, semoga dalam waktu 2 sampai 4 tahun bisa terealisasi, Pemerintah daerah siap menghibahkan tanahnya sebanyak 5 hektare yang ada di Pongkar untuk Universitas Karimun sebagai salah satu persyaratan agar menjadi Negeri.

Rafiq berharap anak-anak Karimun dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga dapat membanggakan orang tua dan membanggakan Kabupaten Karimun tentunya.

“Untuk yang punya rencana melanjutkan perguruan tinggi di luar Karimun, kami persilahkan, untuk yang masih ragu, jangan khawatir, didepan mata kita sudah ada Universitas Karimun yang sama kualitasnya dengan Universitas lainnya yang dapat dipergunakan untuk melanjutkan ilmu perguruan tinggi.” tutup Rafiq.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva