Polisi Karimun Berikan Penyuluhan Cyber Crime Ke Pelajar SMK Yaspika

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Kapolsek Balai Karimun imbau kepada pelajar melalui sosialisasi di SMK Yaspika Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Senin (6/2), untuk pergunakan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi sebaik mungkin.

Kapolsek Balai Karimun, AKP Lulik Febyantara dalam keterangannya mengatakan, pihaknya memberikan beberapa sosialisasi untuk 260 pelajar SMK Yaspika, agar dapat menambah ilmu pengetahuan tentang perkembangan zaman, salah satunya tentang Cyber Crime

“Sebenarnya cyber crime (kejahatan dunia maya) merupakan kejahatan yang lahir karena dampak globalisasi, salah satunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Usia, Jarak dan waktu bukan lagi menjadi halangan bagi para pelaku kejahatan di dunia maya. Kami bermaksud untuk memberikan sosialisasi, pemahaman awal kepada anak-anak usia remaja jangan sampai mereka tidak dapat menyikapi hal tersebut.” Ujar Lulik.

Menurut Lulik, cara tersebut sekiranya dapat membantu para pelajar agar menjadi terarah dalam menghadapi canggihnya kejahatan teknologi yang sudah mendunia.

“Dengan upaya kita memberikan pemahaman, diharapkan pelajar dapat mengerti, jangan sampai terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Kami juga berharap siswa siswi dapat memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan yang bermanfaat.” ungkap Lulik.

Lulik menambahkan, untuk menyikapi hal tersebut, pihaknya telah membentuk tim khusus yang akan memantau media sosial di Karimun yang mengarah ke tindak kejahatan seperti situs-situs penipuan berkedok judi online termasuk dalam sebuah situs yang merupakan situs kejahatan di dunia maya.

“Guna menyikapi hal tersebut, kami membentuk Tim Cyber Patrol yang sudah jalan sejak 2 minggu lalu, yang tugasnya adalah memantau, melakukan deteksi dini terhadap media-media sosial khususnya yang ada di wilayah kecamatan Karimun. Kita juga mengimbau untuk pergunakan kemajuan Iptek dengan sebaik-baiknya, Jangan sampai menyalahgunakan, karena sekarang ada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang mengatur tentang penggunaan medsos.” Ujarnya.

Menurut pantauan beritakarimun.com, selain sosialisasi tentang cyber crime, kegiatan tersebut diawali dengan upacara bersama oleh Kapolsek Balai Karimun AKP Lulik Febyantara sebagai pembina upacara, sosialisasi penerimaan Polri oleh anggota Bhabin Kecamatan Karimun BRIPKA Risdiana, serta sosialisasi keselamatan berlalu lintas oleh BRIPKA Sudianto. Kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva