Bupati Karimun Resmikan Buka Pelatihan Bela Negara

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq, membuka secara resmi kegiatan pelatihan bela negara bagi pemuda tahun 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas kepemudaan dan olahraga, yang digelar di Aula Avava School, Selasa pagi (7/2).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengajak seluruh pemuda-pemudi untuk menatap masa depan yang penuh dengan tantangan dan ancaman. Karena, ancaman terhadap kedaulatan dan kelangsungan hidup negara di era Globalisasi yang semakin kompleks dan bersifat multidimensi serta berada di semua aspek kehidupan seperti ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi informasi, pertahanan dan keamanan serta keselamatan umum.

“Oleh karena itu, saya mengajak pemuda-pemudi untuk menatap masa depan. Dibutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bela negara memiliki kualitas mental dan perilaku cinta tanah air, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Sumber daya manusia yang berkualitas inilah yang menjadi modal sosial, sekaligus Soft Power bagi negara dalam menjamin kelangsungan hidup dengan mempertimbangkan kepentingan nasionalnya,” ujar Rafiq.

Rafiq mengatakan, dari kader bela negara ini diharapkan, akan terbentuk masyarakat yang peduli dan paham akan nilai-nilai bela negara, serta terwujudnya kemampuan kewaspadaan Nasional, ketanggap daruratan dan pertahanan negara untuk mewujudkan sistem pertahanan negara yang baik.

“Pada momentum kegiatan pelatihan bela negara ini, saya mengajak saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air, khususnya pemuda Kabupaten Karimun untuk bersama-sama senantiasa berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi Masing-Masing, sebagai wujud keikutsertaan kita dalam upaya bela negara,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid kepemudaan dan olahraga Kabupaten Karimun Agusman berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, bisa merubah pemuda-pemudi kearah yang lebih baik lagi. Yang artinya, kedepannya pemuda-pemudi mempunyai visi dan misi mendukung program pemerintah dalam bela bangsa dan negara sesuai dengan Amanat yang tertuang dalam Undang-undang Dasar 1945.

“Dengan adanya kegiatan ini, mereka bisa mengembangkan pola pikir, pola kritis, pola bagaimana komunikasi dengan baik. Ini adalah salah satu program kita, dalam kegiatan ini kita libatkan para pemuda-pemudi, pelajar tingkat SMA, baik osis maupun pramuka nya. Kalau dari pemuda ada dari ormas dab unsur dari masyarakat nya juga,” ujarnya.

Reporter : Riandi
Editor     : Codet Carladiva