Malam Perayaan Imlek, Polres Karimun Turunkan 80 Personil

Karimun, beritakarimun.com – Masih dalam suasana imlek, masyarakat Karimun padati sepanjang Jalan Ahmad Yani Kelurahan Meral, Kecamatan Meral Kota Kabupaten Karimun sejak pukul 22.00 wib hingga pukul 00.30 WIB untuk melihat kembang api serta petasan yang dinyalakan oleh masyarakat Tionghua sebagai tradisi sembahyang besar pada malam ke-8 imlek.

Kepala Bagian Operasional (Kabag. Ops) Polres Karimun, Komisaris Polisi (Kompol) Isa Imam Syahroni, Minggu dini hari (5/2) sekira pukul 00.30 Wib mengatakan, pihaknya menurunkan beberapa personil guna membantu pengamanan lalu lintas agar ritual imlek yang dilakukan masyarakat Tionghua dapat berjalan lancar.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kita menurunkan 80 personil anggota Polres Karimun dari Lantas, Sabara, intel, reskrim dan Polsek Meral untuk pengamanan malam ini. Selain dari personil Polres Karimun, kita juga dibantu oleh Sat Pol PP Karimun dan Pemadam Kebakaran yang menyediakan satu unit mobil pemadam kebakaran guna antisipasi terjadinya kebakaran akibat kembang api dan petasan.” ungkap Kabag Ops.

Isa juga mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan sejak sekitar pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB di sepanjang jalan Meral, untuk pengamanan dikhususkan di Meral karena merupakan titik kemeriahan dan keramaian terbanyak terhadap masyarakat Tionghua dalam perayaan imlek.

“Kita lakukan pengamanan sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB di sepanjang jalan meral. Puncak penyalaan kembang api serta petasan  kita sepakati  dari jam 22.00 WIB hingga pukul 00.30 WIB. Persian Titik yang kita amankan mulai dari gerbang selamat datang di sekitar Polsek Meral hingga daerah Sungai pasir tepatnya di depan pasar Meral lama, namun selain itu ditempat-tempat lain seperti daerah balai dan tebing juga dilakukan pengamanan tentunya.” katanya.

Sementara itu, salah sorang masyarakat Tionghua yang sedang merayakan tradisi  imlek malam itu, Akuang  mengatakan, untuk perayaan imlek tahun ini tentunya tidak kalah meriah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Malam ini tradisi imlek, kita sembayang untuk ulang tahun Dewa Langit, malam ini sangat meriah, kita sangat terbantu karena bapak Polisi bantu amankan jalan raya, saya berharap untuk keamanan perayaan  imlek dapat berjalan dengan baik sampai malam terakhir cap go meh.” ungkap Akuang.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva