Inilah Hasil Tes Urine Dadakan di Kodim 0317 TBK

Karimun, beritakarimun.com – Prajurit Komando Distrik Militer (Kodim) 0317 Tanjung Balai Karimun, lakukan tes urine secara acak yang diawali dengan sosialisasi tentang bahaya narkoba oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun di Markas Kodim 0317 Jalan Jendral Sudirman.

Komandan Kodim 0317/TBK Letkol Inf I Gusti Ketut Artha Suyasa mengatakan, kegiatan sosialisasi serta tes urine tersebut merupakan program kerja TNI Angkatan Darat yakni, Kodam, Korem dan Kodim yang di gelar setiap tahunnya.

“Sosialisasi bahaya narkoba yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karimun ini sengaja kita gelar setiap tahun nya, dalam setahun kita adakan 2 kali, selain itu kita lakukan tes urine kepada 20 prajurit yang kita anggap rawan dan rentan dengan narkoba.” ungkap Ketut.

Menurut Ketut, sosialisasi yang diberikan terkait Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) oleh BNNK Karimun, merupakan upaya agar prajurit bersama keluarganya terhindar dari narkoba, serta mencegah prajurit dan anggota keluarga TNI AD menggunakan, mengedar atau menjadi bandar narkoba.

“Setelah sosialisasi, kita adakan penandatanganan Fakta Integritas yang berisikan pernyataan siap untuk menerima konsekuensi apapun apabila terindikasi menggunakan Narkoba, Yang jelas intruksi dari pimpinan TNI apabila ada prajurit positif menggunakan narkoba kita pecat dan tidak ada rehabilitas. Artinya rehabilitas dilakukan setelah dipecat, namun saya pastikan seluruh prajurit di satuan Kodim 0317 TBK bebas dari narkoba.” ujar Ketut.

Sementara, Kepala Bagian Umum Badan Narkotika Nasional Kabupaten Karimun Jumadiah mengatakan, kegiatan sosialisasi serta tes urine itu merupakan permintaan dari Kodim sendiri, diketahui hasil dari kegiatan tersebut tidak satu anggota atau prajurit positif menggunakan narkoba, hal ini tentunya membuat Komandan Kodim 0317 sangat bangga.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva