Tahun Ini Bandara Letung Anambas Segera Beroperasi

sebarkan:

Kepulauan Riau, beritakarimun.com – Tahun 2017 ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal meresmikan 7 bandar udara (bandara) dan 1 terminal baru di berbagai wilayah Indonesia.

“Di dalam Tahun Anggaran (TA) 2017, akan ada paling tidak 8 bandara baru yang akan diresmikan baik itu oleh Presiden, maupun Menteri Perhubungan,” ungkap Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agoes Soebagio.

Delapan bandara baru tersebut antara lain, Bandara Maratua yang berlokasi di Berau, Kalimantan Timur. Kemudian Bandara Tebelian di Kalimantan Barat, Bandara Letung di Anambas, Kepulauan Riau, serta Bandara Morowali di Sulawesi Tengah.

Selain itu, peresmian juga akan dilakukan di Bandara Namniwel di Buru, Maluku. Kemudian Bandara Werur di Tambrauw, Papua Barat, dan Bandara Koroway Batu di Tanah Merah, Papua. Selain bandara baru tersebut, akan dilakukan juga peresmian Gedung Terminal baru di Bandara Radin Inten II yang terletak di Tanjung Karang, Lampung.

Agoes mengatakan, hadirnya bandara-bandara baru tersebut bertujuan untuk meningkatkan konektivitas, keselamatan kerja, hingga meningkatkan pelayanan untuk masyarakat.

“Bandara-bandara itu sesuai dengan prigramnya kementerian perhubungan untuk meningkatkan beberapa sasaran yang dicapai. Antara lain, satu untuk meningkatkan, ada yang bandaranya diperluas, diperpanjang, dalam rangka meningkatkan kapasitas keselamatan penerbangan, di Indonesia Timur misalnya,” kata dia.

“Ada juga yang dalam rangka meningkatkan kapasitas pelayanan, misalnya terminalnya diperbarui. Di sisi lain juga untuk meningkatkan konektivitas, juga untuk mendukung priwisata, konektivitas pariwisata,” sambung dia.

Rencananya, 7 bandara serta satu terminal baru tersebut bakal diresmikan pada bulan Februari hingga April 2017 nanti, yakni Bandara Maratua dan Morowali pada bulan Februari. Bandara Letung dan Tebelian pada bulan Maret. Lalu terakhir Bandara Namniwel, Werur, Koroway Batu, serta terminal baru di Bandara Radin Inten II akan diresmikan pada bulan April 2017.

Reporter : Eduardo
Editor     : Codet Carladiva