Dandim 0317: Akan Kita Cari, Siapa Yang Sengaja Membakar Lahan

sebarkan:

Karimun,  beritakarimun.com – Akibat terjadinya kebakaran lahan yang diduga sengaja dilakukan oleh pemilik lahan didaerah Puskesmas Meral, Kecamatan Meral Kabupaten Karimun, Sabtu malam(14/1) malam,  membuat Komandan Kodim 0317 Tbk, Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa angkat bicara.

Kebakaran atau pembakaran Hutan dan Lahan menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan, tidak hanya sekedar musnahnya ekosistem tapi kabut asap yang ditimbulkannya menjadi monster yang merusak kehidupan.

“Kepada seluruh  masyarakat Kabupaten Karimun, agar tetap menjaga lahannya masing-masing dengan cara tidak dibakar, jika ketahuan membakar baik dengan sengaja maupun tidak disengaja, akan kita cari, jangan sampai terbakarnya seperti hutan di Pekanbaru.” tegas Komandan Kodim 0317 Tbk,  Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa.

Ketut mengatakan, siapa pun yang membakar lahan, walaupun  lahan tersebut miliknya,  akan dijerat Undang-undang No.  41 tahun 1999 Pasal 50 ayat (3) huruf d yang berbunyi, Setiap orang dilarang membakar hutan dengan pasal 78 ayat (3).

“Barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp.5.000.000.000,00.

Maka dari itu,  jangan pernah malas untuk membabat rumput dengan sabit atau dengan mesin , agar tidak membahayakan masyarakat sekitar dan tidak menimbulkan polusi udara.” ungkap Ketut.

Sementara,  koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Karimun, Dedy Risdianto mengatakan, menurut informasi yang didapat nya dari salah seorang penjaga kebun, lahan tersebut memang sengaja dibakar.

“Menurut seorang tukang jaga kebun Syarifudin yang berada tak jauh dari lahan,  ia sudah menegur pemilik lahan yang sebelumnya mengukur lahan tersebut,  sebelum  dibakar sekira pukul 17.00 wib, sabtu (14/01) sore,  namun teguran syarifudin terhadap pemilik lahan tidak diindahkan oleh pemilik lahan, sehingga sekira pukul 19.00wib lahan yang dibakar menimbulkan api yang sangat besar dan dikhawatirkan merambat ke mana.” ungkap Dedi

Menurut pantauan beritakarimun.com, pada saat kejadian, api berhasil dijinakkan hingga pukul 22.00 wib oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Karimun yang di bantu dengan 1 unit mobil pemadam kebakaran. Untuk  pemilik lahan yang sengaja membakar, akan segera di cari.

Reporter : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva