Warga Pidi Jaya Aceh Menangis Kedatangan Rombongan Pemda Karimun

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Masyarakat yang menjadi korban gempa di Pidie Jaya – Aceh tak kuasa menahan tangis karena terharu menerima bantuan dari masyarakat Kabupaten Karimun, yang langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim disaksikan Bupati Pidie Jaya, Ayyub Abbas, Sabtu pagi (7/1).

Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai senilai Rp520 juta yang diperuntukkan membangun kembali Masjid Nurul Yaqin, yang rata dengan tanah saat bencana gempa menggunjang bumi “serambi mekah” sekitar sebulan yang lalu.

Farida, ibu empat anak ini mengaku sangat berterimakasih kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Karimun yang jauh-jauh dari Karimun datang ke tempat mereka untuk menyerahkan bantuan.

“Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi pak, hanya terimakasih yang bisa saya sampaikan. Saya sangat terharu sekali,” ucap Farida.

Farida mengaku masih trauma dengan gempa yang meratakan rumah-rumah warga termasuk masjid di kampung halamannya yang tak bersisa. Beruntung tempat tinggalnya tidak porak poranda karena berpua rumah panggung yang terbuat dari papan. Kendati demikian beberapa sisi dari rumahnya yang berbahan beton sempat retak dan sampai saat ini belum dapat diperbaiki.

Menurutnya, masyarakat yang tinggal di tenda pengungsian berangsur pulang kerumah untuk melihat dan memperbaiki kerusakan. Sedangkan kebutuhan yang paling dirasakan saat ini adalah pakaian, karena banyak warga yang tidak menyelamatkan harta benda dan langsung berhamburan keluar rumah lalu tinggal di tenda pengungsian.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujian yang juga sebagai koordinator penggalangan dana dari kaum ibu di Kabupaten Karimun mengatakan, dengan telah diserahkannya bantuan tersebut kepada para korban gempa Aceh, maka selesai sudah tugas mendistribusikan bantuan.

“Namun demikian untuk berbuat sosial hendaknya tidak sampai disini, mari bersama sama kita terus bergandengan tangan berbuat yang terbaik untuk masyarakat umumnya dan terkhusus saudara-saudara kita yang terdekat. Semoga apa yang telah kita perbuat bernilai ibadah dan semata mata karena Allah.

Novi juga menjelaskan menurut Bupati Pidie Jaya – Aceh, Ayyub Abas menceritakan bagaimana dahsyatnya gempat yang meluluh lantakkan pemukiman penduduk. Hanya enam detik namun menewaskan lebih dari 100 orang dan 6000 lebih rumah rusak parah, 37 masjid rata dengan tanah dan 20 lebih sekolah rubuh.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mewakili masyarakat Kabupaten Karimun mengatakan, bantuan yang diserahkan senilai Rp520 juta bersumber dari penggalangan dana yang dilakukan masyarakat.

“Sudah kita distribusikan untuk pembangunan Masjid Nurul Yakin. Begitupun bantuan logistik berupa perlengkapan ibadah seperti kain sarung, mukena, jilbab dan pakaian layak pakai sudah kita serahkan. Mudah-mudahan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di Pidie Jaya Aceh,” ucapnya.(Acok)