Wak Min Masuk Kabinet Gedung Putih Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Belum lama ini (4/1)Bupati Karimun Aunur Rafiq merombak kabinetnya dengan mulai menerapkan Struktur Organiasasi Tata Kerja (SOTK) Baru, dengan menggelar pelantikan sebanyak 705 pejabat eslon II, III dan IV di lingkungan pemerintah Kabupaten Karimun,di Gedung Serbaguna Kantor Bupati.

Ke 705 pejabat yang dilantik, 31 diantaranya pejabat eselon II, 158 eselon III dan 516 eselon IV. Sedangkan beberapa pejabat yang dirombak antara lain adalah posisi Asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat dijabat M Tang, Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan dijabat oleh Sensissiana, Asisten III bidang administrasi umum dijabat oleh Hurnaini yang sebelumnya sebagai Kepala BPMD Kesbang. Beberapa staf ahli yakni Alwi Hasan sebagai Staf Ahli Bupati Karimun Bidang Ekonomi, yang sebelumnya sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Anwar Ujang sebagai Staf Ahli Bupati Karimun Bidang Pemerintahan yang posisinya tak juga bergeser, Staf Ahli Bupati Karimun Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Usman Ahmad, sebelumnya sebagai Sekretaris DPRD Karimun dan kini digantikan oleh Zifridin yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Satpol PP.

Selain itu, Inspektur Daerah dijabat oleh Dedi Hardiman yang memang tidak bergeser, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Djunaidi juga tak bergeser, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kamarulazi sebelumnya sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah yang saat ini dijabat oleh MS Sudarmadi dan sebelumnya sebagai Kepala Dinas Pendidikan. Sedangkan posisi Kepala Dinas Pendidikan dijabat oleh Bakri Hasyim.

Sementara itu Suryaminsyah atau yang akrab di panggil Wak Min hingga kini tidak bergeser dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya.

Selanjutnya Kepala Kesbangpol Indra Gunawan, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial yang kini dijabat oleh Panji Sasmita yang sebelumnya sebagai Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah. Posisi tersebut kini dijabat oleh Isnaini yang sebelumnya sebagai Kabag Keuangan DPRD Karimun. Kepala Dinas Kesehatan Rachmadi sebelumnya sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan rangkap sebagai PLt Kepala Dinas Kesehatan, Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan Rosmawati. Kadis Pengendelian Penduduk KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kadis Lingkungan Hidup Eryadi, Kadisduk dan Capil M. Tahar, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Suwedi, Kadis Perhubungan Fajar Harison Abidin, Kadis Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu Sularno, Kadis Kepemudaan dan Olahraga Yusrial Mahyudin sebelumnya Sekretaris Dinas PU, Kadis Kelautan dan Perikanan Rufindi Alamsjah, yang sebelumnya menjabat sebagai Kadisnaker dan posisi tersebut digantikan oleh Hazmi Yuliansyah dan sebelumnya sebagai Kadis Kelautan dan Perikanan. Kadis Pangan dan Pertanian Muhammad Affan, Kadis Perdagangan, Koperasi, UKM dan Energi Sumber Daya Mineral Muhammad Yosli, sebelumnya sebagai Kabag Humas dan Protokoler Pemkab.

Kemudian Kabag Administrasi Pembangunan Setda Usman sebelumnya Kabag Kesra, Kabag Umum Setda Basori, sebelumnya Kabag Pembangunan, Kabag Protokol dan Rumah Tangga Dwiyandri Kurniawan sebelumnya Kabag Umum yang posisinya digantikan oleh Dedi Sahori dan sebelumnya juga sebagai Sekretaris Dinsos, Kabag Kesra dan Kemasyarakatan Muhd Yunus sebelumnya Camat Kundur Utara. Selain itu, Eko Riswanto sebagai Kabag Humas dan sebelumnya sebagai Camat Meral, Chaironi Kabag Pemerintahan Umum dan sebelumnya Kabag Umum, Mitrayati Kabag Organisasi dan Korpi dan sebelumnya Sekretaris Korpri, Netty Widaty Kabag Keuangan Sekretariat DPRD dan sebelumnya Sekretaris Badan Kepersihan dan Pertamanan (BKP), Herwansyah Kabag Persidangan dan Produk Hukum DPRD sebelumnya Kabag Perekonomian. Ramli Sekretaris Bandan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan sebelumnya Sekretaris Dispenda, Herdan Firdaus Sekretaris Disdik dan sebelumnya Kabid Pendidikan Menengah dan Kejuruan, drg. Soerjadi Sekretaris Dinkes sebelumnya Kabid Peningkatan dan Pemulihan Kesehatan Masyarakat Dinkes.

Umar Sekretaris Dinas PU dan Penataan Ruang, sebelumnya Kakanpora, Ramli Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Kebersihan sebelumnya sebagai Camat Karimun, Syahruddin Sekretaris Dinsos sebelumnya Camat Tebing, Raja Jemishak sSekretaris Disduk dan Capil sebelumnya Camat Ungar, Afrian Sekretaris Dishub sebelumnya Kabid Perhubungan Laut Dinas Dishub, Sukari Sekretaris Dispora sebelumnya Camat Kundur, H. Zamri Sekretaris Disparbud, Hasan Hidayat Sekretaris Perpustakaan dan Kearsipan sebelumnya Camat Buru.

Arpan Camat Karimun sebelumnya Camat Durai, Irwan Dinovri Camat Meral sebelumnya Camat Meral Barat, Saipol Camat Kundur sebelumnya Camat Belat, Helmi Camat Buru sebelumnya Sekcam Buru, Ery Noval Jadinata Camat Kundur Utara sebelumnya Kasubag Kecamatan, Kelurahan dan Desa dangkap PLt Kabag Tapem, Anji Trisno Camat Kundur Barat, Agus Jati Kusuma Camat Durai sebelumnya Sekcam Durai, Monalisa Camat Meral Barat sebelumnya Kasi Perencanaan dan Pengembangan Kanpora, M Farida Syahdu Camat Ungar sebelumnya Sekcam Kundur Barat, Didi Irawan Camat Belat sebelumnya Sekcam Karimun.

Satu SKPD yakni Kasatpol PP masih dalam proses open biding, alasannya karena pendaftar yang ikut baru dua sementara minimal harus tiga orang. Sehingga diberikan waktu dalam 10 hari kedepan ditargetkan sudah selesai.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan pelantikan pejabat eselon II, III dan IV tersebut berdasarkan hasil asesment. Dia menegaskan tidak ada atas dasar balas budi.

“Kalau harus wajah baru semua ya terpaksa pindah semua lah. Kan tidak mungkin, 12 jabatan kan sudah naik dari eselon III jadi eselon II, itu pun sudah kita naikkan dari wajah baru,” kata Rafiq.

Untuk melakukan mutasi lagi kata Rafiq, akan melihat kurun waktu dua tahun dan itu tertuang didalam PP nomor 18. Namun dalam perjalanannya kalau dilihat tidak mampu bisa saja dilakukan pergeseran. Karena kalau kita menunggu dua tahun sesuai undang-undang takutnya tidak jalan nanti roda pemerintahan.(Acok)