Arus Libur Natal dan Tahun Baru di Kundur Mulai Normal

sebarkan:

Kundur, beritakarimun.com – Arus balik penumpang kapal pasca libur natal dan tahun baru mulai normal sejak Minggu lalu (1/1). Sedangkan puncak kepadatan penumpang yang berangkat ataupun yang baru tiba di Tanjung batu hanya terjadi sehari jelang pergantian tahun baru 2017, atau tepatnya pada 31 Desember.

Kasi Gamat Pelabuhan Syahbandar Tanjung batu, Eko Haris Setiawan mengatakan, lonjakan penumpang hanya terjadi sehari jelang pergantian tahun baru dan hal itu pun tidak begitu signifikan, karena tetap dapat diatasi.

Dari data yang diperoleh, mulai 30 Desember kemarin jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung batu hanya 762 orang dan berangkat 541 orang. Kemudian pada 31 Desember terjadi peningkatan 80 persen jumlah kedatangan penumpang sebanyak 1008 orang dan penumpang yang berangkat 622 orang, pada 1 Januari kondisi pun sudah mulai stabil dengan jumlah kedatangan penumpang 702 orang dan keberangkatan sebanyak 527 orang.

“Kedatangan paling banyak berasal dari Pulau Batam, begitupun keberangkatan rata-rata tujuan yang sama juga. Kalau dari pulau lain seperti Karimun atau dari Provinsi tetangga masih stabil,” ucap Eko, Senin (2/1).

Sedangkan jumlah penumpang kemarin menurutnya belum dapat dirilis, karena masih akan menunggu kapal terakhir yang berangkat maupun yang tiba di Pelabuhan Tanjung batu.

“Hari ini semua anak sekolah dan para pekerja sudah mulai masuk, jadi mungkin mereka sudah siap-siap untuk pulang kekampung secepatnya. Sehingga kondisi pelabuhan saat ini sudah mulai normal,” ujarnya lagi.(Acok)