Gubernur Kepri Resmikan Jaringan Listrik di Pedesaan

Kundur, beritakarimun.com – Untuk memaksimalkan pembangunan di daerah dengan percepatan pengaliran listrik disetiap desa, sehubungan dengan hal tersebut Gubernur Kepri Nurdin Basirun resmikan jaringan listrik perdesaan di Pulau Kundur yang dilaksanakan di Kelurahan Gading Sari Kecamatan Kundur Kamis (30/12).

Hadir dalam peresmian tersebut Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Ketua Komisi II DPRD Kepri Ing. Iskandarsyah, Sekda Pemkab Karimun Muhammad Firmansyah, General Manejer wilayah PLN Riau dan Kepri Feby Joko Prianto,  berserta rombongan. Para tokoh masyarakat setempat serta jajaran SKPD Karimun dan Muspika Kecamatan Kundur.

Peresmian itu ditandai dengan menekanan serine sebagai tanda bahwa desanya sudah bisa menikmati aliran listrik dari PLN, hingga lepas dari keterbatasan sarana penerang pemukiman maupun jalan.

Gubernur H. Nurdin Basirun mengatakan. Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintahan Karimun apresiasi yang terhingga kepada PT. PLN Persero wilayah Riau dan Kepri atas kerjasamanya dalam mewujudkan pelayanan terhadap masyarakat akan kebutuhan listrik terhadap warga.

Menurutnya, pemenuhan pelayanan kelistrikan merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Bahkan dari hari kehari permintaan itu kian meningkat, sehingga pemerintah perlu memikirkan akan kelistrikan tersebut.

“Sebagaimana kita ketahui upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah harus di dukung oleh sarana prasarana klistrikan, tanpa itu pergerakan ekonomi di berbagai lini akan terhambat bila tidak adanya jaringan listrik di berbagai wilayah,” ungkap Nurdin.

Disamping itu pula ungkapnya, hingga saat ini pemerintah daerah akan terus mengupayakan ketersediaan pusat pembangkit listrik, agar seluruh kebutuhan listriknya bisa tersebar ke berbagai Desa maupun Kecamatan.

“Diharapkan keberadaan listrik desa akan memberikan prekonomian warga terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, sehingga mereka akan dapat meningkatkan taraf hidupnya melalui berbagai peralatan yang memerlukan tenaga listrik dari PLN,” tutupnya.

Sementara itu, GM Wilayah Riau dan Kepri mengatakan tahun 2019 renacananya seluruh desa yang belum terlistrki di kepulauan riau akan segera menikmati fasilitas listrik desa untuk memenuhi kebutuhan penduduk dalam rangka meningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Dengan demikian, nantinya di Provinsi Kepri akan segera menyala 24 jam disetiap wilayahnya,” ungkap Joko.

Penyalaan listrik desa ini bukan tanpa kendala, medan terjal yang sulit dijangkau dan menjadi kendala tersendiri dalam penyambungan jaringan. Namun dengan bantuan pemerintah daerah setempat dan warga yang rela membantu menjadikan penyambungan ini bisa terwujud.

“Kami senang akhirnya warga kami di pelosok bisa merasakan manfaat listrik. Untuk itu kami berterimakasih kepada PLN dan senantiasa akan membantu untuk mengatasi kendala yang ada” ujar Joko. (Zurian)