8 Narapidana Karimun Dapat Remisi di Hari Natal

Karimun, beritakarimun.com – Dari 426 tahanan serta narapidana rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Tanjung Balai Karimun, 8 (delapan) orang narapidana yang sudah memenuhi syarat mendapatkan remisi khusus dalam rangka hari besar umat kristiani natal 2016 berupa pengurangan masa tahanan, pada minggu (25/12).

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi khusus kepada 6.707 narapidana pemeluk agama Kristen di perayaan Natal, Minggu 25 Desember 2016 lalu. Dari jumlah tersebut, 6.628 orang mendapat remisi khusus sebagian atau RK I, sedangkan yang mendapat remisi khusus langsung bebas atau RK II sebanyak 79 orang di seluruh Indonesia.

“Dari 426 tahanan serta narapidana rumah tahanan (Rutan) Kelas II B TanjungBalai Karimun, ada delapan narapidana yang kita usulkan dan memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi pada hari besar perayaan natal 2016 ini, Untuk narapidana yang langsung bebas ada satu orang, karena pengurangan remisinya pas jatuh di tanggal tersebut.” ungkap Kasubsi Pelayanan Tahanan, Novi Irwan, kemarin sore (26/12).

Novi mengatakan, untuk 8 narapidana yang mendapatkan remisi di perayaan natal tahun ini, merupakan narapidana dari berbagai kasus, namun untuk napi yang langsung bebas merupakan napi dari kasus narkotika.

“Dari 16 tahanan maupun narapidana yang memeluk agama kristiani di Rutan Tanjung Balai Karimun, hanya 8 yang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi. Dari ke 8 narapidana tersebut, 2 orang dari kasus narkotika, 2 orang dari kasus perlindungan anak, dan 4 orang dari kasus pencurian.” Ujar Novi.

Narapidana yang mendapatkan remisi khusus adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, di antaranya telah berstatus sebagai narapidana minimal 6 bulan pidana penjara, tidak melakukan pelanggaran selama menjalani pidana, serta aktif mengikuti program dan kegiatan pembinaan di lapas/rutan. (Nichita Bella)