Ribuan Karung Bawang Merah Malaysia Berhasil di Tangkap DJBC Kepri

Karimun, beritakarimun.com – Meskipun sempat kabur dengan menggunakan kapal nelayan, 8 pelaku penyelundup ribuan karung bawang merah ilegal, yang dibawa dari Port Klang, Malaysia dengan tujuan Tg. Balai Asahan, akhirnya berhasil ditaklukkan tim patroli DJBC Khusus Kepri, beberapa waktu lalu.

Kepala Penindakan dan Sarana Operasi Kanwil DJBC Khusus Kepri, Raden Evy Suharyanto mengatakan, penindakan yang dilakukan oleh Kapal Patroli BC-20002 ini disekitaran daerah perairan Tg. Siapi-api.

“Kapal Motor Mitra Baru dengan muatan ribuan bawang merah selundupan tersebut, mencapai hampir 20an ton, ditegah di perairan Tg. Siapi-api,” ujarnya.

Evy mengatakan, pada saat penindakan, Tim nya sempat mendapat kendala, karena pada saat tim patroli melakukan pemeriksaan, kapal tersebut tidak di dapati satu orang pun ABK maupun nahkoda.

“Saat diperiksa, kapal tersebut dalam keadaan kosong, tidak terdapat ABK maupun nahkoda di dalam kapal, seluruh awak kapal melarikan diri. Setelah berhasil mengamankan KM. Mitra Baru, Tim Patroli BC-20002 menghubungi Tim Patroli BC-30004 untuk membantu mencari awak kapal yang kabur,” ujarnya.

Kaburnya awak kapal penyelundup bawang merah, menjadi tantangan Tim Patroli Bea Cukai Kepri untuk terus mengejar penyelundup tersebut, dan akhirnya dalam waktu singkat, berhasil temukan awak kapal motor yang melarikan diri.

“Di hari yang sama, Tim Patroli kami berhasil menemukan 8 awak kapal yang melarikan diri, ternyata mereka kabur dengan menggunakan kapal nelayan, harapan mereka untuk berhasil kabur tidak kami indahkan,” ungkap evy.

Selanjutnya, guna pemeriksaan lebih lanjut, kapal, muatan beserta ABK, didiriger menuju Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, karena tidak memiliki dokumen yang lengkap serta merugikan petani dan pasar lokal dalam negeri sehingga mengalami kerugian materiil hingga Rp. 131.609.250,- (Nichita Bella)