BUP Karimun dan PT Snepac Kerjasama Soal Perairan Bisnis di Karimun

Karimun, beritakarimun.com РBadan Usaha Pelabuhan (BUP) Kabupaten Karimun teken MOU bersama PT Snepac Group dalam kelola area perairan bisnis di Karimun atau Lay Up Anchorage Area (KLAA). Penandatanganan MOU berlangsung di halaman Kantor BUP Parit Rempak, Sei Raya, Kamis pagi  (15/12).

Bupati Karimun Aunur Rafiq berharap, ada dampak yang baik setelah kerja sama antara BUP dengan PT Snepac Group dalam kelola area perairan bisnis di Karimun atau Lay Up Anchorage Area (KLAA).

“Pada dasarnya perairan kita aman, kalau nelayan ada daerah tangkapan terganggu, bisa dikomunikasikan dengan baik selama ini,
Semoga dengan adanya kapal- kapal berlabuh di karimun akan memberi dorongan kepada kapal lain untuk tertarik berlabuh di Karimun dan tentunya akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi masyarakat Karimun.” kata Rafiq.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungbalai Karimun, Letkol (Mar) Eko Priyo Handoyo, mengatakan, pihaknya langsung menjamin keamanan di sekitar perairan Labuh Jangkar Karimun atau Karimun Lay Up and Anchorage Area (KLAA). Bahkan Eko berjanji akan segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) pengamanan di KLAA tersebut.

“Kami akan berikan jaminan keselamatan bagi pelayaran di KLAA. Kalau perlu kami akan bentuk satuan tugas,” ujar Eko.

Setelah ada penandatanganan MOU ini, nantinya akan ditindak lanjuti dengan kesepakatan bagi hasil, antara pihak KKM, KSOP, Pemerintah Pusat, dan PT Snepac Group. Untuk perencanaan awalnya, pihak PT Snepac Group akan memasukkan tiga buah kapal terlebih dahulu di perairan Karimun sebagai uji coba perjanjian yang baru disepakati.

“Tiga buah kapal kita masukkan dulu ke Karimun, sambil kita menarik kepercayaan dunia luar bahwa disini merupakan daerah yang aman. Mudah- mudahan kedepan akan banyak kapal- kapal lainnya akan masuk,” ujar Pimpinan PT Snepac Group Zulkifli Ali seusai acara penandatanganan MOU.(Nichita Bella)