Kecamatan Ungar Kembali Krisis Air Bersih

sebarkan:

Kundur, beritakarimun.com – Upaya menangani krisis air yang sudah terjadi sejak lama di Kecamatan Ungar baru mulai dicarikan solusinya oleh pemerintah daerah. Hal itu bermula ketika Dinas Pekerjaan Umum (PU) melakukan survey lokasi di Kelurahan Alai belum lama ini.

Anggota DPRD Kabupaten Karimun dari Dapil Kundur, Fakhrurrazi mengatakan, beberapa hari lalu sudah ada utusan dari Dinas PU Kabupaten Karimun melakukan survey dan study kelayakan mengenai pengadaan air bersih di kampung halamannya. Namun hasilnya belum dapat diketahui dan belum disampaikan oleh SKPD terkait.

“Kalau nanti hasilnya dikatakan layak, maka akan kami anggarkan ditahun 2017 dan akan kami kawal agar program air bersih di Kecamatan Ungar segera dilaksanakan,” ucap Fakhrurrazi, Minggu (20/11).

Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga sudah berkoordinasi dengan PT Tirtha Karimun selaku perusahaan milik daerah yang mengelola air bersih atau PDAM di Kabupaten Karimun, yang hasilnya adalah mereka bersedia untuk ikut membantu serta mengelola air bersih di Ungar.

“Dengan kesediaan dari PT Tirtha Karimun maka masyarakat Ungar tidak perlu lagi menanti proyek SPAM dari pemerintah pusat yang tak kunjung berfungsi meski telah disediakan fasilitasnya. Kedepan tugas saya adalah mencarikan lahan yang akan dibebaskan,” katanya.

“Kita tidak mau lagi menunggu bantuan pemerintah pusat dari SPAM itu yang tak juga berfungsi meski sudah ada beberapa tanki penampungan yang dipasang. Masyarakat mempercayakan kepada pemerintah daerah dalam hal ini PT Tirtha Karimun. Dengan alasan jika pemerintah yang mengelola dengan sistim meteran, maka jangkauan air akan dapat dinikmati sampai pelosok Pulau Ungar, sementara SPAM memiliki batas tertentu untuk dijangkau,” terangnya.

Fakhrurrazi juga mengaku optimis krisis air bersih yang masih dialami masyarakat di Kecamatan Ungar dapat teratasi paling lambat tahun 2018. Untuk itu ia meminta masyarakat agar bersabar dan bersama-sama mengawal progam tersebut.(Acok)