DJBC Khusus Kepri Tangkap Empat Kapal Penyelundup

Karimun, beritakarimun.com – Patroli laut DJBC Khusus Kepri berhasil menindak tiga kapal bermuatan bawang ilegal, dan satu kapal dengan muatan pakaian bekas, pada awal november 2016, ke empat kapal penyelundup tersebut berasal dari malaysia.

Penindakan patroli laut Bea dan Cukai rutin, yang dilakukan Patroli laut DJBC Khusus Kepri, membuahkan hasil.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepri, Parjiya mengatakan, empat kali penindakan, tiga diantaranya penindakan bawang merah dengan jumlah yang relatif, dan satu penindakan pakaian bekas ilegal.

“Proses hukum yang berjalan terhadap bawang merah karena ada yang tenggelam, maka proses pidananya tidak kita lanjutkan, karena minimnya barang bukti, dan itu sudah kita lakukan dengan pengenaan sanksi administrasi sebesar 15 juta sesuai dengan pasal yang ada dalam undang undang kepabeanan.” Ungkap Parjiya.

“Terhadap balepress, tentu akan dijadikan barang tidak dikuasai namun menjadi barang milik negara, untuk muatan berupa balepress akan dimusnahkan, sedangkan kapal akan di lelang.”jelas Parjiya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kanwil DJBC Khusus Kepri, R. Evy Suhartantyo menambahkan kronologis kejadian tersebut.

“Pada saat penindakan Kapal Motor Sumber Baru bermuatan 335 karung balepress, ada empat ABK kapal yang dua diantaranya menceburkan diri dan diselamatkan oleh syahbandar di sumatera utara, asahan. Dan yang dua lagi berhasil kita lakukan penindakan. Kita sedang berkoordinasi dengan kantor pengawasan dan pelayanan BC Teluk Nipuh terhadap satu nahkoda dan satu orang pengelola barangnya, karena itu adalah modus operandi membawa barang impor ilegal,” jelas Evy.

“Penindakan atas bawang merah ada tiga kali penindaka pada tanggal 6, tanggal 8 dan tanggal 12¬† november 2016, dengan total 52,7 ton bawang merah ,ABK kapal ada 5 orang yang berhasil diamankan, satu kapal tenggelam karena melakukan perlawanan dan menabrakkan diri, sehingga hanya dikenakan sanksi administrasi.” Tutup Evy. (Nichita Bella)