Bupati Karimun Ingatkan Kades Jangan Lakukan Pungli

Karimun, Beritakarimun.com – Setelah menegaskan kepada para pegawai di seluruh Kantor Camat se Kabupaten Karimun dalam beberapa pekan terakhir ini untuk tidak melakukan pungutan liar (Pungli), Bupati Karimun Aunur Rafiq pun mengingatkan para Kepala desa se Kabupaten Karimun untuk tidak berbuat tindakan tindakan terpuji itu.

Penegasan tersebut ia sampaikan sejalan dengan kegiatan sosialisasi Perbup menurut Perda nomor 5 tahun 2015 tentang Desa dengan metode dialog bersama para kades, di Gedung Nasional, Senin (31/10).

“Yang penting sekarang ini operasi pemberantasan pungli (OPP) sudah diperintahkan dari pemerintah pusat kepada kita untuk segera dibentuk. Sehingga surat penegasan sudah kita edarkan sampai ke tingkat desa agar jangan melakukan pungli. Ini merupakan masalah yang serius dan kita tidak main-main,” Ujar Rafiq dihadapan seluruh Kepala Desa.

Bagi pegawai negeri yang kedapatan tertangkap tangan menurutnya, akan langsung diberhentikan dengan tidak hormat dan undang-undang tipikor, begitupun bagi para kepala desa, akan diperlakukan dengan hal yang sama.

“Kita diminta untuk membentuk tim, Keputusan Presiden sudah ditandatangani, kita tinggal tunggu peraturan presiden tentang petunjuk teknis mengenai OPP ini,” terangnya.

Rafiq juga mengharapkan para kades sebagai garda terdepan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Sehingga tatanan birokrasi sampai ditingkat desa dapat dilakukan dengan baik.

Tidak hanya soal pungli, Rafiq juga menegaskan agar para kades menegakkan kedisiplinan. Seluruh Kades dimina tepat waktu dalam berdinas, buka kantor mulai pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB.

“Kalaupun tidak ada apel di setiap Kantor Desa, maka kantor harus buka mulai pukul 08.00 WIB dan pulang harus pukul 16.00 WIB. Jangan sampai ditambah dan dikurangi jam yang sudah ditetapkan. Kedisiplinan para perangkat desa juga menjadi cerminan masyarakat, makanya perlu kita bimbing dengan baik,” tutur Rafiq.(Acok)