Kementan Targetkan 100 Hektare Tanam Bawang Merah di Kundur

sebarkan:

Kundur, beritakarimun.com – Kementerian Pertanian mulai mencoba menerapkan pertanian bawang merah seluas 100 hektare bagi Kabupaten Karimun, dan tahap awal akan diprioritaskan kepada lahan pertanian milik pemerintah Kabupaten Karimun di Desa Teluk Radang Kecamatan Kundur Utara.

Camat Kundur Utara, Muhammad Yunus mengatakan, program penanaman bawang merah seluas 100 hektare dari Kementerian Pertanian diawali dengan peninjauan oleh beberapa tim dari Staf Ahli Kementerian Pertanian pada Jumat pekan lalu (21/10) dengan didampingi Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Menurut Yunus, Dari hasil tinjauan tersebut saat ini masyarakat yang tergabung didalam dua kelompok tani baru mampu menggarap 30 hektare lahan, sedangkan total lahan yang ada mencapai 278 hektare dan telah digarap masyarakat 160 hektare, dengan menanam aneka jenis pertanian, mulai dari padi, jagung dan banyak lagi.

“Anggarannya dari Kementerian Pertanian mulai dari pembibitan sampai kepada pupuk. Sedangkan target dari 100 hektare yang diinginkan belum dapat diketahui berapa total bawang yang harus dihasilkan. Lebih jelasnya Dinas Pertanian yang akan menjelaskan,” Ujar Yunus,¬† Jumat (29/10).

Dari tinjauan tersebut, Wakil Bupati Anwar Hasyim menurut Yunus juga menekankan kepada seluruh petani yang menggarap lahan pemerintah di Desa Teluk Radang untuk bersungguh-sungguh. Dia juga menegaskan agar aparat desa dan kecamatan untuk terlibat langsung dalam proyek tersebut.

Alasan program penanaman bawang merah tersebut adalah, Kabupaten Karimun merupakan wilayah pesisir dan perbatasan, sehingga perlu terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi daerah yang bukan penghasil pangan.(Acok)