Aunur Rafiq Libatkan Jurnalis Karimun di Penyusunan Anggaran

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq atau yang akrab disapa AURA akan membuat terobosan baru dalam penyusunan anggaran pusat terkait sektor kemaritiman, pengentasan kemiskinan dan insfrastruktur melalui anggaran 2017 Karimun dengan melibatkan jurnalis di Karimun.

Bupati Aunur Rafiq mengatakan sangat membutuhkan masukan atau input dari para jurnalis yang bertugas di Karimun dalam hal penyusunan anggaran tersebut.

“Pada saat penyusunan anggaran 2017, nanti saya akan melibatkan teman-teman media. Kita kupas, kita bedah sama-sama. Dalam pembahasan itu, mungkin nanti akan saya paparkan kekuatan per wilayah di Kabupaten Karimun. Wilayah Kundur apa, Durai apa, dan wilayah lainnya.” Ujar Aunur Rafiq, Rabu siang (19/10).

Selain itu, AURA juga mengatakan ingin melihat seperti apa kekuatan di masing-masing wilayah di Kabupaten Karimun dalam hal penyerapan anggaran yang diseimbangkan dengan kemampuan keuangan daerah yang dimiliki Pemkab Karimun. Dalam diskusi itu, akan diketahui daerah mana yang memiliki prioritas dan disesuaikan dengan plafon anggaran yang sudah dibagi perwilayah.

Dijelaskan, untuk tahap awal pihaknya melakukan rapat terbatas dulu dengan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab Karimun. Dalam rapat itu, akan dibahas pada setiap sektor.Dari hasil rapat itu, baru diketahui, dana-dana pusat mana yang bisa masuk untuk Karimun.

Untuk menarik dana pusat tersebut, ungkap AURA, maka dibutuhkan SKPD yang kuat, SKPD yang bisa membangun komunikasi ke tingkat pusat dan provinsi dengan baik. Sehingga, ketidakmampuan daerah akan bisa ditopang dari dana provinsi maupun dana pusat. Namun, semuanya dibutuhkan kerja keras dari SKPD termasuk juga masukan dari para jurnalis.

“Teknis untuk mengupas anggaran dengan para jurnalis itu, bisa dengan berbagai cara, seperti mengopi bareng atau diskusi formal yang dilakukan di ruangan tertentu. Yang jelas, kami (pemerintah daerah) ingin ada masukan dari rekan-rekan jurnalis di Karimun terkait pembahasan anggaran 2017 nanti,” tutur orang nomor satu di karimun tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Jurnalis Karimun (JK), Ilham mengatakan sangat mendukung langkah Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam membuat terobosan baru terkait pembahasan anggaran 2017 tersebut. Mereka menilai, langkah yang diambil Bupati Rafiq dalam melibatkan jurnalis merupakan langkah yang sangat baik. Pasalnya, media memiliki peranan besar dalam membangun Karimun.

“Terobosan yang dilakukan Bupati Karimun dalam hal pembahasan anggaran terkait sektor kemaritiman, pengentasan kemiskinan dan
infrastruktur dengan melibatkan jurnalis di Karimun sangat baik. Ini merupakan langkah baru dan menunjukkan kalau Bupati sangat dekat dengan para jurnalis serta mampu menempatkan posisi jurnalis sebagai mitra kerja,” Ujar Ilham yang juga wartawan Haluan Kepri.

Hal serupa juga dikatakan Sekretaris Jendral Jurnalis Karimun (JK), Rachta yahya mengatakan peranan jurnalis sangat besar dalam mengisi pembangunan. Keterlibatan jurnalis bisa menjembatani tercapainya tujuan dan sasaran pembangunan dari pusat dan terintegrasi dengan pembangunan daerah.

“Kami dari Jurnalis Karimun memberikan apresiasi dengan sikap Bupati Karimun yang membawa serta para jurnalis dalam pembahasan suatu anggaran. Tentu saja, kami akan menyambut langkah ini dengan memberikan masukan, serta ide-ide yang bisa memberikan kontribusi dalam pembahasan anggaran nantinya,” Ujar Rachta.(red)