Gubernur Kepri Beri Peluang Investor Bangun Pelabuhan Internasional

Kepri, beritakarimun.com – Gubernur Kepri Nurdin Basirun memberikan peluang kepada pihak swasta untuk mengelola dan membangun pelabuhan internasional di Karimun, yang direncanakan berlokasi di Tanjung Penagak Kecamatan Tebing.

Menurut Nurdin, dirinya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan telah mengantongi izin. Tinggal menunggu realisasi pembangunannya saja.

“Saya sudah koordinasi dengan pusat dan minta izin, jadi sekarang siapa yang cepat saja lah. Sekarang kita buka diri untuk siapa saja, termasuk pihak swasta,” Ujar Nurdin.

Perlunya sesegera mungkin dibangun pelabuhan internasional menurutnya, dikarenakan memang sangat dibutuhkan. Terlebih ketika memasuki bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri, kondisi pelabuhan yang ada saat ini sangat sesak ketika masih digabung antara domestik dan internasional.

“Kalau swasta lebih representatif dan menguntungkan masyarakat kenapa tidak. Rencana pembangunannya sementara untuk internasional dulu. Bisa kita lihat sibuknya kalau pas mau lebaran idul fitri. Itu luar biasa sekali,” Ungkap Nurdin.

Sebelum ke Kementerian Perhubungan, Nurdin pun telah menggelar pertemuan di kantor PT Pelindo Tanjung Balai Karimun bersama jajaran Pemkab Karimun beberapa pekan lalu. Pertemuan tersebut masih sebatas penjajakan dan perencanaan untuk pemindahan pelabuhan internasional.

Menurut Nurdin, keberadaan pelabuhan dan terminal internasional yang masih digabung dengan pelabuhan domestik saat ini sudah tidak memungkinkan lagi. Karena sudah sangat sesak dan tidak representatif.(Acok)