Jika Sulit Mendapatkan Pelayanan di Pemda Lapor Ke MenPAN

Karimun, beritakarimun.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur memberikan kesempatan kepada masyarakat yang merasa tidak dilayani sepenuh hati dan dipersulit oleh pemerintah dalam segala hal, agar dapat mengadukan secara online, dengan mengakses situs lapor.go.id.

“Buang jauh-jauh cara tradisonal itu, tidak boleh mentang-mentang sudah jadi kepala SKPD lalu orang mau menghadap kok jadi susah. Kalau ada PNS yang macam gini tolong lapor. Saya sudah buka 24 jam aksesnya untuk dapat melaporkan. Namanya adalah Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional. Ini perintah dari Presiden dan sudah dipindahkan ke Kemenpan RB. Kalau ada yang punya komputer ketik saja situs lapor.go.id. Bapak ibu boleh mengakses dari situ. Semua keluhan masukkan saja pasti Menpan tahu, mau dari pelosok Papua sana sampai Aceh, kalau ada PNS yang macam-macam tolong lapor,” ucap Asman Abnur saat bertandang ke Kabupaten Karimun, Rabu (12/10).

Asman juga mengatakan kedepan tidak boleh lagi ada PNS yang merasa sebagai penguasa. Kemudian PNS kedepan harus punya rasa enterpreneur, orang enterpreneur itu pastinya tidak mau kalah dan punya keinginan untuk maju. Jangan hanya sampai dikantor jam 07.00 dikarenakan ada absen eletronik yang dipasang. PNS yang datang ngantor itu haruslah dikarenakan pekerjaannya memang banyak.

Dia juga menegaskan agar para PNS tidak boleh kehilangan akal dan harus punya inovasi. Harus banyak ide dan jangan tergantung Bupati. Karena SKPD sudah diberikan mandat oleh Bupati untuk memiliki inovasi yang baik.

“Maka dari itu kepada Bupati Karimun saya berpesan betul, kalau SKPD nya tidak benar ganti saja tidak apa-apa. Kemudian tidak boleh lagi PNS ke BKD bawa map mau naik pangkat, mau pendidikan, kadang-kadang mau nyelip kedepan biar naik pangkat, tidak boleh lagi seperti itu. PNS harus diurus betul oleh BKD, kalau BKD ada yang macam-macam tolong dikasi tahu kesaya. Ini amanah, saya harus memperbaiki ini semua, PNS haru profesional kedepan, kapan dia mau naik pangkat, kapan dia mau pendidikan, kapan dia mau naik

Dia juga mewanti-wanti kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak boleh lagi main-main dengan perizinan. Harapnnya adalah semoga dua sampai tiga tahun kedepan seluruh Indonesia sudah menjadi pelayan yang baik di pemerintahan saat ini.(Acok)