TNI Semakin Dekat Dengan Rakyat

Karimun, beritakarimun.com – Komandan Resort Militer (Danrem) 033/Wirapratama kepri Brigadir Jenderal TNI Fahcri menyatakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 2016 untuk membangun kedekatan segenap prajurit dengan rakyat.

“Tanpa rakyat kita tidak kuat, rakyat itu ibu kandung TNI. Kapanpun, dimanapun dan siapapun pemimpin TNI harus dekat dengan rakyat,” kata dia usai pembukaan TMMD ke-97 yang dipusatkan di Desa Parit, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa.

Seperti dilansir antara kepri kemeriahan acara pembukaan TMMD ke-97 tingkat Provinsi Kepri dengan disaksikan kalangan masyarakat desa setempat, menurut Danrem, merupakan salah satu wujud nyata bahwa TNI makin dekat dengan rakyat.

Fahcri mengatakan amanah Undang-undang No 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, TNI tidak hanya alat pertahanan negara, tetapi juga memiliki tugas dan fungsi membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kegiatan TMMD, menurut dia, merupakan salah satu dari implementasi undang-undang tersebut, yang diisi dengan berbagai kegiatan pembangunan fisik secara gotong-royong bersama masyarakat, serta sejumlah kegiatan nonfisik.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan, di samping memperkuat hubungan dan kebersamaan TNI dengan masyarakat.

“Sesuai dengan amanat Gubernur Nurdin Basirun yang tidak bisa hadir dalam kegiatan ini, TMMD ini merupakan wujud nyata TNI membantu tugas-tugas pemerintah daerah. Ini diharapkan dapat menghilangkan stigma masa lalu, bahwa TNI itu masih terkonsentrasi dengan tugas pokoknya, tetapi juga bisa berperan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Dansatgas TMMD ke-97 yang juga Komandan Kodim 0317 Karimun Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa mengatakan, kegiatan TMMD ke-97 digelar pada 20 September-19 Oktober 2016, terdiri atas semenisasi jalan di Desa Parit Kecamatan Karimun dan Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat, pembuatan “box culvert” di Kelurahan Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur dan Kelurahan Darussalam, serta pembuatan gorong-gorong di Tanjungbatu Kota.(red)