Telunas Beach Karimun, Resort Terseksi Urutan ke 17 Dunia

Karimun, beritakarimun.com – Wisata Pantai Telunas Kepulauan Riau(kepri) berhasil raih penghargaan dunia sebagai hotel favorit wisatawan ketiga se-Asia dan ketujuh belas sedunia. Penghargaan ini pernah diberikan oleh TripAdvisor, situs perjalanan terbesar di dunia pada Rabu Januari 2012 lalu. Penilaian didasarkan pada beberapa aspek termasuk pelayanan, nilai, dan kualitas yang hotel berikan. Wisatawan terbaik dunialah yang menjadi jurinya.

“Keunggulan pemenang Travellers’ Choice Awards tahun itu mulai dari hotel dengan penawaran terbaik sampai hotel termewah,” Ujar Presiden TripAdvisor for Business, Christine Petersen melalui pesan whatsappnya.

Di situs tersebut, Pantai Telunas ini adalah satu dari jutaan lokasi wisata yang tersebar di 30 negara di dunia.

Pantai Telunas terletak di pulau Sugi dekat Pulau Batam, yang telah masuk Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau merupakan surga bagi turis mancanegara termasuk dari Amerika dan Eropa.  Sebuah resor syahdu yang menawarkan pengalaman yang menakjubkan dengan tinggal di pulau terpencil, mendengarkan nyanyian alam, jauh dari kebisingan kota. Ruangan-ruangan di sini dibangun meninggi menghadap laut nan hijau. Menjelajah hutan, menikmati keindahan pasir putih di pantai dan kembali ke rumah dengan bergairah.

Telunas Beach adalah sebuah resor pedesaan di pulau Sugi, sebuah pulau kecil di sebelah tenggara pulau Batam.Pantai Telunas berpasir putih dengan panorama yang indah merupakan surga bagi turis mancanegara. Telunas Beach Resort ini luar biasa cantik, tenang, dan menyenangkan.

Perjalanan ke Telunas makan waktu kurang lebih 60-90 menit dengan menggunakan kapal dari pelabuhan feri Domestik Sekupang. Perjalanan laut ini singkat tapi menyenangkan, lautnya cukup tenang dan pemandangannya cantik, melewati pulau-pulau di gugus Kepri.

Desain Telunas ‘terinspirasi oleh arsitektur Melayu lokal dan menawarkan fasilitas yang dibangun seluruhnya di atas air. Telunas Beach Resort terletak di tepi pantai di sebelah tenggara pulau Sugi, dengan 90% bagiannya berada di atas permukaan air laut. Ketika air sedang surut, jarak antara dasar bangunan dengan permukaan air sekitar 4m, sementara ketika sedang pasang hanya sekitar 1,5-2m.

Di Telunas, hampir seluruh bangunannya menggunakan kayu dan bahan alami dari daerah setempat. Mulai dari pondasinya, sampai ke atapnya, dan interiornya. Semuanya eco-friendly! Di sini juga diberlakukan sistem pemisahan sampah, yang kemudian dikirim ke Batam untuk didaur ulang. Listrik tidak berasal dari PLN, karena listrik belum sampai ke pulau Sugi. Jadi, semua peralatan elektronik dioperasikan menggunakan generator diesel.

Stafnya juga sebagian besar warga Sugi, walaupun untuk para host (semacam GRO, yang berurusan langsung dengan tamu), berasal dari daerah lain. Alasannya? Karena warga Sugi belum terlalu well-educated dan belum nyaman berbicara dalam bahasa Inggris kepada para tamu yang sebagian besar adalah ekspatriat.

Suasana Alam di Telunas Resort masih alami. Airnya bening, warnanya hijau kebiruan, dan sesekali terlihat ikan cucut berenang di permukaan, atau sekelompok ikan terbang meloncat keluar dari air. Pantainya panjang, landai, berpasir putih, sementara di tepinya terdapat pepohonan yang rindang serta beberapa bale bengong + hammock untuk bersantai. Ada juga lapangan sepak bola, lapangan voli, lapangan rumput untuk mereka yang senang beraktivitas.

Melihat betapa tenang dan cantiknya Telunas, tidak heran kalau ada banyak ekspatriat yang senang berlibur ke sini. Kebanyakan adalah ekspat yang tinggal di Singapura, Malaysia, dan Batam sendiri, tapi ada juga yang datang berlibur dari Australia dan Inggris. Harga yang dipatok di Telunas Resort ini dalam dolar Singapura, wisatawan lokal jarang terlihat ke sini…

Selain ekspatriat, yang menjadi pelanggan setia Telunas Resort adalah sekolah-sekolah internasional, baik di Singapura, Malaysia, Korea, dan Indonesia. Setiap tahun mereka datang ke Telunas, dalam rombongan berjumlah 30-90 orang, untuk outbond & team building. Di sini mereka akan dibawa untuk tracking ke hutan, berkemah di sana dengan menggunakan hammock, main kayak, dan banyak lagi.

Resort ini didirikan tahun 2004, tapi Telunas sudah mempunyai banyak pelanggan yang loyal dan siap untuk menjadi “brand evangelist” berkat komitmennya menjaga kualitas resort, yang dikemas dengan atraktif, eco-friendly, non-komersil, dan konsisten.

Lantai kayu di seluruh bagian selalu terlihat bersih, tanpa debu. Kamar mandinya spotless, tidak bau pesing; pantainya luar biasa bersih karena selalu disapu setiap pagi. Seprei di kamar bersih, demikian juga dengan handuk yang disediakan. Walaupun selalu bersentuhan dengan air, tapi kayu tangganya bersih, bebas dari lumut, hanya ada remis & barnacle di bagian pondasi yang memang menjadi biota alami.

Nah buat kamu yang gemar berwisata sebaikya mampir di telunasnya kabupaten karimun, rasakan keindahan serta kenyamanan pulau ini.Happy enjoy guys.!!!!(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.