Menteri Khofifah Resmikan Pencairan Dana PKH Karimun

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan pencairan dana Program Keluarga Harapan untuk 1.160 rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu(10/9).

“Ini pencairan ketiga yang dilakukan di seluruh kabupaten/kota, dan kunjungan saya ini ingin memastikan pencairan dana bansos PKH tahap ketiga ini berjalan dengan baik,” kata dia, usai menandatangani dokumen pencairan dilanjutkan penyerahan secara simbolis dana PKH kepada 400 RTS di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Tanjung Balai Karimun.

Untuk Kabupaten Karimun, jelas dia, jumlah peserta PKH triwulan ketiga sebanyak 1.160 RTS.

“Kabupaten Karimun termasuk daerah yang sudah selesai ‘closing’ datanya, sehingga sudah bisa melakukan pencairan dana PKH,” Ujarnya.

Seperti dilansir Antara Kepri, Khofifah menjelaskan, Program Keluarga Harapan (PKH) termasuk salah satu program pengentasan kemiskinan yang menjadi salah satu program prioritas Kementerian Sosial.

Pemerintah berkomitmen untuk terus melanjutkan berbagai program perlindungan sosial, jumlah keluarga yang akan menerima dana PKH akan ditambah pada tahap keempat.

Untuk Karimun, akan ditingkatkan jumlahnya dari 1.160 RTS pada triwulan ketiga 2016, menjadi 2.255 para triwulan keempat mendatang.

“Jadi ada bertambah dua kali lipat. Dan perlu sampaikan, penambahan jumlah itu bukan berarti angka kemiskinan di Karimun meningkat, tetapi pemerintah berkomitmen untuk meluaskan cakupan penerima program ini,” kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat untuk meningkatkan cakupan kepesertaan dalam PKH yang diharapkan dapat mendorong terwujudnya program pengentasan kemiskinan di Karimun.

“Program PKH di Karimun sangat terasa sekali manfaatnya. Pemerintah daerah mengharapkan program ini terus ditingkatkan kepesertaannya,” ucapnya.

Pelaksanaan PKH di Karimun, menurut Wakil Bupati cukup sukses yang semula hanya untuk 660 RTS di lima kecamatan pada 2012, meningkat hingga 1.160 RTS pada triwulan ketiga 2016 di 12 kecamatan se-Kabupaten Karimun.

Total dana PKH yang disalurkan selama tiga triwulan 2016, antara lain sebesar Rp1. 1.049.000.000 pada triwulan pertama, sebesar Rp750.983.750 pada triwulan kedua, dan Rp750.973.750 pada triwulan ketiga.

Pada 2012, Pemkab Karimun meraih penghargaan PKH Award dari Kementerian Sosial atas dua kategori, yaitu dukungan daerah terhadap pendamping PKH dan “sharing” tertinggi terhadap dana PKH.(ant)

Bagaimana Menurut Anda?

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sebarkan: