Budi Gunawan Resmi Jabat Kepala BIN

sebarkan:

Jakarta, beritakarimun.com – Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan di samping ruang utama Istana Negara, Jakarta, Jumat, (9/9). Pelantikan ini terkesan mendadak karena sebelumnya tidak ada dalam agenda resmi presiden. Pelantikannya pun tidak dilakukan ditempat biasa karena sudah ditata untuk jamuan kenegaraan untuk menghormati Presiden Republik Filipina Rodrigo Roa Duterte.

Budi Gunawan dilantik menjadi Kepala BIN berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102/P/2016. Budi yang lahir 11 Desember 1959 ini sebelumnya menjabat sebagai Wakapolri sejak 22 April 2015.

“Saya sudah secara resmi menjadi Kepala BIN sekaligus dinaikkan pangkat menjadi jenderal polisi bintang empat. Tentu amanah ini akan saya tunjukkan lewat pengabdian terbaik sebagai prajurit bhayangkara sejati, jiwa raga saya untuk merah putih dan NKRI,” kata Budi setelah dilantik.

Budi berkeinginan menguatkan kemampuan BIN agar profesional, objektif, dan integritas, sesuai arahan Jokowi kepadanya. Dia juga menilai, kegiatan operasi intelijen membutuhkan anggaran. Itu sebabnya dia berharap anggaran intelijen ke depan bisa ditingktkan.

“Sesuai perkembangan zaman, operasi intelijen untuk keamanan nasional meningkat,” katanya menanggapi pemerintah yang tengah melakukan pemangkasan anggaran.

Soal pengangkatannya menjadi kepala BIN, Budi menjawab dia prajurit bhayangkara yang siap ditugaskan di mana saja. Dia pun yakin, presiden pasti punya pertimbangan memilihnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.