Warga Kecamatan Ungar Rindu Air Bersih

sebarkan:

Kundur, beritakarimun.com – Krisis air bersih di Kecamatan Ungar masih terus berlanjut meski telah ada bantuan tanki dan saluran air dari Satker Kementerian PU, namun sudah bertahun-tahun proyek tersebut selesai dikerjakan namun air tidak pernah mengalir dan tanki yang disediakan tetap saja kosong.

Camat Ungar, Raja Jemishak mengatakan, fasilitas air bersih yang bersumber dari Satker Kementerian PU diberikan sudah bertahun-tahun lamanya yang ditempatkan di beberapa titik, namun tak juga dapat dimanfaatkan.

“Kami sudah cari sumber air bersih terutama di Gorab Kelurahan Alai sampai Desa Sungai Buluh termasuk di Laut Kulah, semua air tanahnya merah dan berbau sehingga tidak bisa dikonsumsi. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan kami selama ini ya terpaksa beli dengan tukang gerobak air bersih. Sebagian masyarakat juga ada yang mengangkut air sendiri ke sumur umum yang telatknya cukup jauh sektiar 2 Kilometer,” ungkap pria yang akrab disapa Jimi ini, Minggu (4/9).

Menurutnya, perhatian dari anggota DPRD Dapil Kundur yang merupakan putra daerah Pulau Ungar juga sudah turun tangan dan terus berupaya menyiasati krisis air bersih. Beberapa warga yang tinggal di tanah perbukitan masih dapat mengandalkan air tanah karena strukturnya merupakan pasir dan tanah bukit.

“Lokasi yang sangat membutuhkan adalah wilayah pesisir, Sampai saat ini meski mereka memiliki sumur tapi hanya untuk mencuci piring dan tidak untuk di konsumsi,”ungkapnya.(Acok)

Leave a Reply

Your email address will not be published.