Karimun Berdayakan BUMD Gali PAD

Karimun, beritakarimun.com – Pemerintah Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau akan memberdayakan badan usaha milik daerah untuk menggali sumber baru bagi pendapatan asli daerah (PAD).

“Tiga BUMD, yaitu Perusda, BUP, dan PDAM Tirta Karimun menjadi prioritas kami agar mampu menggali sumber-sumber PAD yang baru,” ujar Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Selasa(23/8).

Pemberdayaan tiga BUMD tersebut dalam meningkatkan PAD, menurut Anwar Hasyim, merupakan jawaban dari permintaan beberapa fraksi di DPRD Karimun.

Fraksi-fraksi di DPRD Karimun dalam pandangan umum pada rapat paripurna pekan lalu, meminta agar pemerintah daerah lebih inovatif mengatasi defisit neraca APBD akibat penurunan Dana Bagi Hasil Migas dari pusat, salah satunya dengan mengoptimalkan BUMD untuk menggali sumber-sumber baru PAD.

Pemerintah daerah, kata dia lagi, telah dan akan terus membenahi manajemen tiga BUMD tersebut, termasuk juga membantu perbaikan unit usaha, seperti peningkatan sarana prasarana Pelabuhan Kargo Parit Rempak yang dikelola PT Karya Karimun Mandiri (KKM) sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) milik pemerintah daerah.

Khusus PDAM Tirta Karimun, ujar dia, saat ini tengah membangun instalasi air bersih berkapasitas yang lebih besar, yaitu dengan melakukan konektivitas beberapa waduk yang tidak hanya diharapkan mampu mengatasi krisis air, tetapi mendatangkan pendapatan yang lebih besar.

“Semua sektor akan kami optimalkan dalam menggali sumber-sumber PAD. Kami juga telah mengusulkan Ranperda tentang Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ke DPRD, sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan aset untuk mengoptimalkan PAD,” ungkap mantan Sekda Karimun tersebut.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, BUMD harus mampu menangkap peluang dalam mengembangkan usahanya, sehingga menambah kontribusi bagi PAD.

Aunur Rafiq mengatakan, PT KKM sebagai salah satu BUMD memiliki peluang untuk mengembangkan usaha bidang kemaritiman, selaras dengan visi pemerintah daerah untuk mewujudkan Karimun sebagai Kota Jasa Kemaritiman.

“Karimun daerah kepulauan dengan laut lebih luas dari daratan, potensi bidang kemaritiman sangat besar apalagi berada di daerah perbatasan,” ujar Aunur rafiq.(re)

Leave a Reply

Your email address will not be published.