Kepulauan Riau Waspada Kapal Pengangkut Nuklir

sebarkan:

Batam, beritakarimun.com –¬† Indonesia mewaspadai kapal-kapal pengangkut bahan radioaktif dan nuklir melewati perairannya.Pengawasan terutama untuk memastikan tidak ada kebocoran muatan selama kapal melewati perairan Indonesia.

Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Barat Laksamana Pertama UK Agung menuturkan, Indonesia menyediakan sebagian perairannya untuk dilalui kapal-kapal internasional.Beberapa Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) terbentang di perairan Indonesia dan dapat dilewati kapal-kapal yang memenuhi persyaratan.

“Perairan Indonesia juga berdekatan dengan alur pelayaran di perairan internasional,” ujarnya dalam Sosialisasi Kebijakan Pengawasan Terhadap Pengangkutan Bahan Radioaktif Di Perairan Indonesia, beberapa waktu lalu (16/3), di Batam.

Di alur-alur itu, berbagai jenis kapal berlayar.Tidak tertutup kemungkinan, ada kapal-kapal pengangkut bahan radioaktif lewat. “Indonesia sudah punya prosedur untuk mengawasi kapal-kapal itu,” ujarnya.

Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) sudah pernah menerapkan prosedur itu. Beberapa waktu lalu, ada kapal dari Iran tujuan Taiwan yang kandas di utara Batam.

Bakamla dan Bapeten memeriksa kapal itu karena ada isu kapal itu mengangkut bahan radioaktif.

“Setelah diperiksa, tidak terbukti ada muatan radiokatif. Tetapi, Indonesia sudah membuktikan punya prosedur dan bisa bertindak jika ada dugaan atau insiden kapal pengangkut radioaktif,” jelas nya.(agus/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.