10 Kapal Illegal Malaysia dan Vietnam di Ledakan

sebarkan:

Batam, beritakarimun.com – Sebanyak 10 kapal illegal fishing, pagi ini(22/2) di ledakan dan di tenggelamkan oleh  Satuan Kerja (Satker) Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Perairan Air Raja,Kepulauan Riau.

Ke 10 kapal milik asing ini bernama,KM.BV-92442,GT.80,KM.BV-92443,GT.100,KM-Selasih,GT.110,SLFA-2915,GT.83,PKFB-376,GT.63,KHF-451,GT.62,PSF-2461,GT.53,PPF-164,GT.91,PPF-593,GT.48,PKFA-8482,GT.48 di tangkap saat melakukan kegiatan Illeagl Fishing di Wilayah Perairan Kepulauan Riau pada tahun 2015-2016.

Dari 10 Kapal Illegal Fishing yang di ledakan,7 Kapal milik Malaysia dan 3 Kapal lain nya milik Vietnam,berdasarkan hasil pemeriksaan dan penyidikan PPNS Satker PSDKP batam kapal ini di tangkap terbukti bersalah melakukan pencurian ikan di wilayah perairan indonesia,selain itu pelanggaran kapal tersebut menangkap ikan dengan alat tangkap TRAWL tanpa di lengkapi dengan dokumen yang sah dari pemerintah Indonesia.

Penetapan untuk dilakukan eksekusi peledakan dan penenggelaman ke 10 kapal Illegal Fishing tentu nya berdasarkan penetapan pengadilan negeri batam.

Kegiatan penenggelaman kapal di gelar serentak di lima titik lokasi yakni,Batam,Pontianak,Bitung(Sulawesi Utara),Tahuna(Sulawesi Utara) dan Belawan(Sumut) pada pagi ini jam 11 yang di pimpin oleh Menteri kelautan dan perikanan, Susi Pudjiastuti selaku komandan Satgas-11 yang langsung memimpin peledakan dan penenggelaman kapal dari kantor kementerian kelautan dan perikanan di Jakarta.

Menurut Direktur pengoperasian kapal pengawas Ditjen PSDKP,Goenaryo mengatakan,masih ada 34 Kapal illegal fishing yang masih menunggu keputusan pengadilan negeri di wilayah masing-masing yang tersebar di Indonesia.

“kapal illegal fishing ini masih efektif dengan cara di ledakan dan di tenggelam kan sebagai efek jera,sekaligus bangkai kapal tersebut berguna untuk rumah ikan”Ujar nya.

Rencana nya peledakan kapal terhadap kapal illegal fishing ini masih berlanjut di lakukan pada bulan berikut nya untuk kapal illegal fishing yang masih menunggu keputusan Pengadilan Negeri Batam masih ada 7 kapal lagi”tutup nya.(Agus Siswanto)

One thought on “10 Kapal Illegal Malaysia dan Vietnam di Ledakan

Leave a Reply

Your email address will not be published.