Industri Keramik Indonesia Tumbuh Pesat

Karimun, Beritakarimun.com – Meningkatnya indsutri properti di Indonesia turut mendukung berbagai sektor industri pendukungnya. Salah satunya industri keramik. Tercatat, total nilai impor dan ekspor pada tahun 2015 silam diperkirakan mencapai 44 triliun rupiah.

“Total penjualan untuk industri keramik secara keseluruhan di Indonesia mencapai Rp44 triliun pada 2015. Diperkirakan tahun 2016 dapat tumbuh 10 persennya atau mencapai Rp54 triliun,” ungkap Ketua Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Elisa Sinaga melalui via ponselnya, Selasa (19/1).

Menurutnya, target 10 persen ini dapat dicapai karena didukung oleh perekonomian Indonesia yang terus berkembang. Konsumsi domestik yang kuat dari produk keramik dan pesatnya pertumbuhan di sektor properti dan konstruksi lokal, permintaan untuk produk-produk keramik berkualitas seperti lantai, ubin dinding, ubin atap dan barang saniter terus meningkat juga menjadi faktor terus bertumbuhnya industri ini.

Dia menyebut, sejak 2011, industri keramik lokal telah mengalami pertumbuhan 10 hingga 15 persen dari tahun ke tahun pada permintaan domestik.

Melihat potensi itu, Elisa yakin, dalam industri keramik Indonesia tidak kalah saing dengan negara-negara lain. Kemampuan Indonesia untuk menghasilkan produk-produk keramik yang dapat diperhitungkan secara kuat di regional dan seluruh dunia, karena didukung ketersediaan sumber daya alam (energi) dan bahan baku.

Tidak hanya itu, dalam hal teknologi keramik, Indonesia juga sudah menggunakan teknologi yang terbaru dibidang keramik, sehingga memungkinkan menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan desain yang kuat.(NAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published.