Batam Jadi Provinsi Khusus?

sebarkan:

Batam, Beritakarimun.com – Wali Kota Batam Kepulauan Riau Ahmad Dahlan mendukung pembentukan Provinsi Batam, demi mendorong perekonomian Batam sekaligus menjawab tantangan dualisme pemerintahan antara Pemkot dan BP Kawasan.

Dahlan mengatakan sepakat dengan ide yang pernah dikemukakan Harry Azhar Azis saat menjadi anggota DPR RI dan guru besar fakultas hukum UI, Jimly Asshidiqie, Batam harus diberikan perlakuan khusus.

Dengan menjadi provinsi khusus, maka tidak akan terjadi dualisme pemerintahan, karena dipimpin langsung oleh Gubernur.

Dalam pemikirannya, Provinsi Batam terbagi menjadi enam wilayah, empat di antaranya di pulau utama yaitu Batam Utara, Batam Selatan, Batam Timur dan Batam Barat, serta dua lainnya di penyangga yaitu Belakangpadang dan Galang-Bulang.

Sama seperti pemikiran Harry Azhar Azis, pengembangan provinsi khusus Batam sama seperti Jakarta, tanpa ada DPRD tingkat kabupaten kota. Gubernur dipilih rakyat, sedang wali kota dari birokrat.

“Batam Harus menjadi provinsi khusus agar berkembang,” Ujar Ahmad Dahlan.

Dahlan yakin, bila Provinsi Batam terbentuk, maka daerah itu akan maju, perekonomiannya pun akan melesat, karena semuanya dipimpin oleh seorang Gubernur.

Dari sisi anggaran, mantan Humas Otorita Batam itu optimis pembentukan Provinsi Batam tidak akan memberatkan pemerintah pusat, karena Batam sudah terbentuk, infrastrukturnya pun sudah sangat baik.

“Ini bukan daerah baru. Malah bisa surplus anggarannya. Pembayaran pegawai dari pajak daerah, pajak badan,” Ujar pria bergelar Datok Setia Amanah itu.

Wacana pembentukan Batam sebagai provinsi khusus memang lebih banyak didengungkan di Jakarta dalam setahun terakhir.Akankah Batam menjadi provinsi?.(AN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.