Menhub RI Resmikan 3 Kapal Patroli Penjaga Pantai di Kepri

BATAM, BERITAKARIMUN.COM – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan,Sabtu lalu (17/10) telah meresmikan pengoperasian tiga kapal patroli kelas ll KPLP baru, yaitu KN. Grantin, KN. Rantos, dan KN. Pasatimpo.
Tahun 2015 Kemenhub mengadakan 25 kapal patroli kelas l dan 38 lain kapal patroli kelas ll s/d V.

Menhub mengatakan setidaknya negara kita butuh sekitar 500 kapal patroli untuk penjagaan laut dan pantai.Saat ini baru tersedia sekitar 250 kapal yang terdiri berbagai kelas (Kelas I s/d Kelas V).

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, meresmikan pengoperasian tiga unit kapal patroli Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Tiga kapal tersebut terdiri atas Kapal Negarta (KN) Rantos, KN Grantin serta KN Pasatimo.

“Berdasarkan Undang-Undang No 17 tahun 2008 dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana laut. Ini pun sebagai pengembangan transportasi armada laut yang harus terus bertumbuh terutama dalam memperkuat armada,”Ujar nya, ketika meresmikan tiga unit kapal patroli KPLP Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di Dermaga Batu Ampar, Batam, akhir pekan lalu.

Ketiga unit kapal tersebut dibangun oleh PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) dengan sumber dana dari APBN tahun anggaran2014-2015.

Menurut Jonan, ketiga armada tersebut bahkan siap mendukung armada KPLP yang sudah ada dalam menjamin terselenggaranya keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia. Ketiganya akan beroperasi di Penjagaan Laut Pantai (PLP)Tanjung Uban Batam, PLP Tanjung Perak serta PLP Bitung.

Adapun, perjanjian dalam kontrak pembangunan tiga unit kapal tersebut harus selesai pada Oktober 2015 berdasarkan spesifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub. Spesifikasi tiga unit kapal tersebut antara lain memiliki panjang 44,50 meter, kecepatan 24 knot, mesin utama 2x Man V12 dengan kru kapal sebasnyak 26 anak buah kapal atau ABK.

Selanjutnya dalam kurun waktu 2015 sampai 2017 Kemenhub juga akan membangun 73 kapal patroli yang terdiri dari kapal patroli kelas I, II, III, IV dan V.

“Tentu saja semuanya merupakan langkah nyata Kemenhub untuk terus meningkatkan penjagaan laut dan pantai khususnya menjamin keselamatan dan kemanan pelayaran di Indonesia,” jelas nya.

Dalam APBN 2015-2017 Kementerian Perhubungan akan membeli 188 kapal lautdalam berbagai ukuran dengan total pembelian sebesar Rp11,8 triliun. Kapal tersebut seluruhnya akan dibangun melalui perusahaan galangan kapal di dalam negeri.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.