Investasi di Karimun Tembus Rp22,6 Triliun

KARIMUN, BERITAKARIMUN.COM – Bupati Karimun Aunur Rafiq menyebutkan nilai investasi di daerahnya sejak berstatus kabupaten pada 12 Oktober 1999 hingga kini telah mencapai Rp22,6 triliun.

“Realisasi investasi tumbuh cukup signifikan sejak sebagian wilayah Pulau Karimun Besar ditetapkan sebagai kawasan perdagangan bebas atau Free Trade Zone (FTZ) pada sembilan tahun silam. Kami mencatat 150 perusahaan telah menanamkan modalnya dengan nilai investasi mencapai Rp22,6 triliun. Bandingkan dengan 2006 dengan nilai investasi hanya Rp1,1 triliun.”Ujarnya.

Menurut Aunur Rafiq, pertumbuhan investasi yang cukup pesat tersebut telah memengaruhi berbagai sektor, salah satunya membuka lapangan pekerjaan dengan peningkatan mencapai 63,97 persen.

Peluang bekerja pada perusahaan-perusahaan di FTZ, menurut dia turut menekan angka pengangguran hingga 6,22 persen dibandingkan tingkat pengangguran pada 2006 yang mencapai 13,55 persen.

“Pertumbuhan investasi dan pembangunan telah mengantar Karimun sejajar dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Kepri. Capaian ini tidak terlepas dari peran serta seluruh komponen masyarakat yang mendukung kebijakan pemerintah, terutama dalam mewujudkan iklim investasi yang kondusif,” tuturnya.(ANT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.