Foto Gayus Tambunan Makan di Restoran Beredar

sebarkan:

JAKARTA, BERITAKARIMUN.COM –¬† Foto mirip terpidana kasus pajak Gayus Tambunan beredar di media sosial. Dalam foto itu, orang yang mirip Gayus itu terlihat tengah makan di sebuah restoran bersama dua wanita.

Foto tersebut diunggah pengguna Facebook dengan akun Baskoro Endrawan pada Sabtu pekan lalu (19/9).

“Ada yang tau Gayus Tambunan di mana? Konon sih divonis 30 tahun penjara. Last seen 9 Mei 2015 di sebuah bilangan resto di Jakarta sedang haha-hihi,” demikian ditulis Baskoro.

Dalam foto yang diunggahnya, Baskoro menyamarkan wajah dua wanita yang sedang bersama Gayus.

Bersama foto itu, ia juga mencantumkan dua tautan artikel dalam situs Kompasiana. Satu artikel berjudul “Ketika Dua Celeb Kompasiana Terpesona kepada Koruptor” sudah dihapus isinya.

Sementara satu artikel lain berjudul “Klarifikasi: Pakde Kartono Bukan Gayus Tambunan”. Dalam tulisan ini, akun Kompasiana dengan nama Pakde Kartono mengaku sebagai pengacara ternama di Jakarta. Ia menyebut dirinya banyak mengurus kasus dengan klien dari beragam kalangan.

Foto tersebut, kata Pakde Kartono, diambil saat ia bersama kliennya makan bersama dua orang sahabat lama, Ifani dan Vita Sinaga.

“Kebetulan saat itu saya sedang bersama klien saya terkait sidang gugatan di pengadilan Jakarta, maka sekalian saja saya ajak klien saya sebelum dirinya kembali ke Bandung,” kata Pakde Kartono.

Permintaan untuk foto-foto dalam pertemuan itu menurutnya tak bisa dihindarkan.

“Klien saya tidak pernah menolak,” ujarnya.

Foto tersebut menurut Pakde Kartono hanya untuk bercanda. Foto tersebut kemudian oleh Vita dikirimkan ke pengguna Kompasiana sebelum akhirnya kini tersebar. “Selanjutnya dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab,” kata Kartono.

Pakde Kartono menduga, penyebaran foto itu digunakan untuk membunuh karakter dia dan Ifani.

Gayus selama ini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung. Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak ini dipidana dalam empat kasus, yakni perkara pajak untuk dua perusahaan, pemalsuan paspor, pencucian uang, dan penyuapan penjaga tahanan.

Sementara itu Kepala Subbagian Humas Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Akbar Hadi mengatakan kondisi fisik Gayus Tambunan saat ini tidak segemuk di foto yang beredar.

“Fisik Gayus tidak seperti yang di foto. Sekarang dia lebih kurus,” Ujarnya.

Meski demikian, untuk memastikan kebenarannya, saat ini Akbar tengah mengecek lebih lanjut ke Lapas Sukamiskin soal keberadaan Gayus beberapa waktu terakhir.(NAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.