3 Pelaku Penyelundupan Uang Milyaran Rupiah Dibekuk

BATAM, BERITAKARIMUN.COM – Petugas pengamanan pelabuhan ferry internasional batam center berhasil menggagalkan penyelundupan mata uang rupiah senilai 1,4 milyar,Kedua pelaku merupakan warga negara asing dan seorang WNI,Kedua WNA tersebut bernama,Logarajan Raman dan Alexander Francis,sedangkan seorang WNI bernama Tini Kalizah asal Batam.

Klasik nya,kedua pelaku penyelundupan uang rupiah ini merupakan WNA asal Malaysia,dalam aksi nya menggunakan modus dengan melilitkan uang rupiah pada badan kedua pelaku,kedua pelaku ini berencana berangkat menuju pelabuhan Stulang Laut,Johor Bahru Malaysia.

Sedangkan aksi Tini Khalizah turut membantu meloloskan kedua WNA tersebut untuk berangkat dari pelabuhan ferry internasional batam center.

Terkait ketiga pelaku yang di amankan petugas bea dan cukai Batam,pelaku dan barang bukti uang senilai 1,4 Milyar dan sejumlah mata uang ringgit nya langsung dibawa ke kantor bea dan cukai Batam.

Menurut penjelasan Kepala Kantor Bea dan Cukai Batam,Noegroho wahyu widodo mengatakan,Hal yang di lakukan ketiga pelaku hanya pelanggaran,jadi si pelaku tidak ditahan,hanya dimintai keterangan saja,saat diamankan petugas,ketiga pelaku memiliki mata uang rupiah dan ringgit.

“Pengakuannya itu uang hasil dari penagihan (debt collector),para pelaku dikenakan denda 10% dari nilai uang”Ujar nya pada beritakarimun com.

Akibat pelanggaran yang diperbuat pelaku di kenakan UU no 8 tahun2010 tentang TPPU,selanjut nya hasil pemeriksaan dan penyidikan setiap pergerakan uang selalu dilaporkan ke PPATK.(AGUS SISWANTO)

Leave a Reply

Your email address will not be published.