Masyarakat Batam Segera Nikmati Jaringan 4G

BATAM, BERITAKARIMUN.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan masyarakat Batam segera bisa menikmati jaringan 4G pada sekitar September 2015.

“Saat ini sedang proses di Sulawesi dan wilayah lain di Indonesia termasuk kawasan timur. Mudah-mudahan September nanti Batam juga sudah memiliki jaringan 4G,” Ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris fourth-generation technology. Terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).

Ia mengatakan, implementasi 4G pada kanal 1.800 Mhz di Batam harus melalui proses penataan ulang yang akan dimulai pada September hingga akhir 2015 nanti.

“Penataan kanal 1.800 Mhz harus dilakukan karena kepemilikan spektrum operator seluler di bandwith tersebut masih terpisah-pisah. Sehingga harus ditata ulang,” Ujarnya.

Rudi juga mengungkapkan target jaringan 4G di seluruh Indonesia diharapkan bisa dinikmati masyarakat pada akhir 2015.

“Batam masuk regional Sumatera. Mudah-mudahan akan segera bisa menikmati layanan jaringan 4G tersebut,” kata Rudi.

Dalam kesempatan tersebut, Rudi juga meninginkan agar BP Batam mulai bersiap-siap menerima tambahan utilisasi pemanfaatan data center milik lembaga itu seiring peningkatan jaringan baik fiber optic dan kabel laut.

“Data center itu juga diharapkan siap untuk menampun transimis jaringan fiber jika dibutuhkan operator,” kata dia.

Saat ini Data Centre BP Batam sudah dipercaya sebagai tempat penyimpanan data-data dari sejumlah instansi pemerintah.

Selain mengunjungi IT Centre BP Batam, dalam kunjungan kerjanya di Batam Rudi juga mengunjungi lokasi kabel bawah laut ke sejumlah negara di Tanjung Bemban, dan Studio Animasi Kinema di wilayah Nongsa.(ANT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.