Reses DPRD memenuhi janji-janji politik saat kampanye

KARIMUN, BERITAKARIMUN.COM – Seluruh anggota DPRD Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menggelar reses di daerah pemilihan masing-masing selama satu pekan untuk menjaring aspirasi terkait kebutuhan pembangunan masyarakat.

“Reses dilaksanakan selama sepekan, mulai 18 hingga 23 Mei 2015,” Ungkap Wakil Ketua DPRD Karimun Azmi di Tanjung Balai Karimun.

Azmi menjelaskan, ke-30 anggota dewan melakukan reses secara berkelompok namun ada pula secara perorangan ke dapil masing-masing.

“Saya pribadi reses ke dapil Kundur secara perorangan untuk menampung aspirasi masyarakat. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi janji-janji politik saat kampanye Pemilu Legislatif pada 2014,” kata dia.

Ia menuturkan, reses merupakan salah satu agenda yang dilaksanakan maksimal tiga kali dalam satu tahun.

Menurut dia, reses merupakan kesempatan untuk mengetahui kebutuhan pembangunan masyarakat meski pemerintah daerah telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Aspirasi yang masuk dalam masa reses akan kita teruskan ke Bappeda untuk disinkronkan dengan hasil Musrenbang agar tidak tumpang tindih atau ganda,” kata dia.

Dia mengatakan, aspirasi yang masuk dalam masa reses bisa dijadikan skala prioritas jika sebelumnya sudah diusulkan dalam Musrenbang. “Contohnya, kalau ada usulan pembangunan jalan pada satu daerah sudah masuk musrenbang, lalu muncul lagi dalam reses, maka akan kita jadikan prioritas dalam penganggaran,” Ungkapnya.

Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, hasil reses juga akan menjadi acuan dalam penyusunan anggaran dalam APBD Perubahan, termasuk juga untuk disesuaikan dengan pendapatan daerah.

“Kita akan sinkronkan antara hasil reses dengan defisit anggaran yang akan diketahui setelah BPK mengumumkan hasil audit keuangan Pemkab, nanti kita sinkronkan dengan kegiatan yang akan dianggarkan,” ucapnya.

Ia juga berharap agar reses medapatkan masukan terkait kebutuhan pembangunan yang belum tertampung dalam Musrenbang.

“Kami mengharapkan seluruh anggota dewan memaksimalkan reses selama satu pekan untuk menggali kebutuhan pembangunan di daerah pemilihannya masing-masing,” Ujarnya.(ANT)

One thought on “Reses DPRD memenuhi janji-janji politik saat kampanye

Leave a Reply

Your email address will not be published.