Batam Menjadi Contoh Transaksi Non Tunai

Batam Menjadi Contoh Transaksi Non TunaiBATAM, BERITAKARIMUN.COM – Bandara dan pelabuhan-pelabuhan di Batam, Kepulauan Riau akan menjadi tempat percontohan transaksi non tunai. Transaksi non tunai di luar kawasan itu juga terus didorong.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Kepulauan Riau Gusti Raizal Eka Putra menjelaskan, pengelola pelabuhan dan bandara sudah menyepakati itu dengan BI.

“Transaksi tunai tidak dihapuskan seluruhnya. Namun, akan terus dikurangi,” ujarnya di sela sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai, Kamis (23/4) di Batam.

Selain di pelabuhan dan bandara, BI juga membuat kesepakatan dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Pembayaran PNBP di BP Batam akan menggunakan transaksi non tunai.

Gusti mengatakan, ada sejumlah keuntungan jika transaksi non tunai mendominasi pembayaran. Pertama, akses masyarakat ke perbankan akan semakin meningkat.

“Meski ada pilihan sistem di luar perbankan, transaksi non tunai masih banyak disediakan perbankan. Dengan semakin banyak transaksi non tunai, akses perbankan akan meningkat,” ujarnya.

Kedua, akan ada perbaikan sistem pembayaran karena semua dalam sistem yang sama. Pembayaran-pembayaran juga akan tercatat dalam sistem. ” Tidak ada pembayaran tidak terdata dalam sistem,” tutup nya.(A.Siswanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published.