Tiga Ketua LSM Karimun Diperiksa

Tiga Ketua LSM Diperiksa PolisiKARIMUN, BERITAKARIMUN – Tiga Ketua LSM di Karimun yakni Hendri Aris Bawole, Ketua LSM Komite Penggerak Aspirasi Negeri (KOPARI), Andri Supandi, Ketua LSM Payung Mahkota dan Hidayat Aktiar, Ketua LSM Pemantau Independen Kelestarian Alam Daerah (PIKAD) menjalani pemeriksaan di Satreskrim Polres Karimun, Kemarin pagi (21/1)sekitar pukul 10:00 WIB.

Ketiganya diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan manipulasi data Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kategori ke-2 (K2) Pemkab Karimun anggaran 2013. Ketiganya diperiksa di ruang unit III bidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim.

Andri Supandi, Ketua LSM Payung Mahkota saat jeda istirahat sekitar pukul 12:00 mengatakan, ia diminta penyidik untuk menjabarkan satu per satu nama-nama pegawai honor Pemkab Karimun yang terindikasi melakukan manipulasi data agar dapat masuk dalam daftar CPNS K2 Pemkab Karimun 2013.

Hal itu berkenaan dirinya sebagai saksi pelapor kasus tersebut bersama dua orang rekannya sesama Ketua LSM yakni Hendry Aris Bawole (LSM KOPARI) dan Hidayat Aktiar (LSM PIKAD).

Menurutnya dari 123 nama pegawai honor Pemkab Karimun yang masuk untuk mengikuti ujian tertulis Badan Kepegawaian Nasional (BKN), sekitar 75 nama diantaranya terindikasi memalsukan datanya agar masuk ke dalam daftar CPNS K2 Pemkab Karimun 2013.

Padahal, mereka menurut aturan belum layak karena belum cukup masa pengabdian. Mereka pada umum adalah pegawai honor yang mulai bergabung di Pemkab Karimun di atas tahun 2004 seperti yang ditentukan.

“Anehnya, ada dua nama yang sebelumnya tidak lolos atau tidak masuk dalam daftar, tahu-tahu pada saat pengumuman calon peserta ujian, keduanya masuk. Menurut data yang kami punya, sekitar 75 nama itu belum sepatutnya masuk tapi ternyata masuk. Sementara yang layak, tersingkirkan,” sambung Hendry Aris Bawole, saksi lainnya.(BK)

Leave a Reply

Your email address will not be published.